PPKB GPAI: DIAGNOSA GURU AGAMA


Keterangan Foto : Drs. Suparhun, M.A., Pengawas PAI Kemenag Pangkalpinang

 

Oleh: Drs. Suparhun, MA

Pengawas PAI Kota Pangkalpinang

 

KOMPETENSI GURU

Guru Profesional dituntut memiliki kompetensi berupa kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian dan profesional, (Permendiknas No. 16 Tahun 2007). Sedangkan untuk Guru Agama Islam harus memiliki enam kompetensi yakni; kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, profesional, spiritual dan kepemimpinan (KMA RI No. 211 Tahun 2011).   Kondisi real saat ini; mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih rendah; maraknya pemahaman Islam radikal pada generasi muda Indonesia; kebutuhan akan gerakan Revolusi Mental (Penguatan Pendidikan Karakter pada PAI); pemahaman tentang pembelajaran abad 21 yang belum maksimal; terjadi distorsi pemahaman materi pelatihan dari tingkat pusat sampai tingkat sekolah; pemahaman tentang konsep dan tata kelola pengembangan keprofesian berkelanjutan yang sistematis dan terukur bagi guru PAI dari pusat sampai daerah yang belum sama; pemetaan kompetensi guru PAI secara nasional belum berdasar data real di lapangan; evaluasi dan quality control dari hasil Pelatihan Guru PAI yang belum baik. Oleh karena itu, Kompetensi dan Kinerja Guru PAI perlu ditingkatan dan kembangkan secara terukur, sistematis dan berkelanjutan melalui pelatihan dengan profil yang jelas dan pelatihan yang tepat.

 

PPKB GPAI

PPKB GPAI adalah singkatan dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam.  Program ini memberikan pelatihan kepada guru PAI dalam rangka mengembangkan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Program ini merupakan Program Unggulan Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI tahun 2018 dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional guru dalam mengemban tugas sebagai pendidik.

PPKG-PAI juga merupakan bagian dari proses untuk meyakinkan semua pihak bahwa setiap guru PAI adalah seorang yang profesional, dan peserta didik dapat memperoleh kesempatan terbaik untuk dapat berkembang sesuai kapasitas masing?masing. Dengan pelaksanaan yang terintegrasi antara PKG-PAI dan PKB-GPAI akan menciptakan guru PAI yang mempunyai motivasi tinggi, berdedikasi tinggi, terampil dalam membangkitkan minat peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta memiliki integritas kepribadian yang kuat, tingkat spiritual yang tinggi dan kepemimpinan yang tangguh untuk berkompetisi di era global.

 

SASARAN

Dalam kegiatan PKB GPAI, sasarannya adalah semua  Guru PAI PNS nonPNS, sertifikasi nonsertifikasi, di instansi pemerintah nonpemerintah pada pendidikan tingkat anak usia dini, dasar dan menengah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tergabung dalam Learning Community (komunitas belajar), terdiri dari; Forum Komunikasi Guru (FKG); Kelompok Kerja Guru (KKG); Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) serta Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII). Learning community juga merupakan pelaksana PPKB GPAI di daerah dengan tujuan; mengevaluasi pola pembinaan di komunitas guru mata pelajaran; membangun Komunitas Belajar yang berkesinambungan dan terarah bagi guru PAI serta mengarahkan kegiatan FKG/KKG/MGMP dalam rangka memenuhi Kompetensi GPAI sesuai tuntutan KMA No. 211 Tahun 2011.

 

TINDAK LANJUT PPKB GPAI

Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan juga dilakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kinerja seorang guru melalui tes Penilaian Kinerja secara online. Dari hasil tes tersebut akan memunculkan pemetaan kompetensi seorang guru sehingga terdeteksi titik kelemahan dan kelebihan kompetensi seorang guru agama. Dengan demikian, kelemahan kompetensi tersebut akan mendapat pelatihan tepat dan terarah serta berkesinambungan berupa:  

  • Pelatihan Pedagogik 1 (Perencanaan Pembelajaran)
  • Pelatihan Pedagogik 2 (Model Pembelajaran)
  • Pelatihan Pedagogik 3 (Penilaian Pembelajaran)
  • Pelatihan Profesional 1 (Pendalaman Materi Substantif PAI)
  • Pelatihan Profesional 2 (Publikasi Ilmiah)
  • Pelatihan Profesional 3 (Karya Inovatif)
  • Pelatihan Sosial dan Kepribadian
  • Pelatihan Spiritual dan Leadership

Semua kegiatan PKB GPAI akan dimonitor dan dievaluasi oleh Tim Penjaminan Mutu melalui pendekatan:

  • Reaction Evaluation (Mengukur kepuasan peserta pelatihan; fasilitas, program pelatihan, layanan administrasi)
  • Learning Evaluation (Mengukur proses pembelajaran dalam pelatihan)
  • Behavior Evaluation (Mengukur penerapan hasil pelatihan)
  • Results Evaluation (Mengukur akibat dari hasil pelatihan/efek yang terjadi pada peserta didik).

 

KESIMPULAN

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam  merupakan Program Unggulan Direktorat Pendidikan Guru Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan Kompetensi Guru Agama Islam melalui pelatihan yang terarah dan berkesinambungan. Melalui proses tes Penilaian Kinerja secara online akan terdiagnosa titik kelemahan dan kelebihan dari kompetensi seorang guru agama dan mendapat prioritas pelatihan yang tepat. Program ini selalu dalam monitor dan evaluasi oleh Tim Penjaminan Mutu sehingga berjalan sesuai dengan motto,”Jelas Profilnya Tepat Pelatihannya”. GURU PAI OKEY..!!!

Berita Terbaru

Opini

Senin , 10 Agustus 2020 | 16:01:11

MODEL-PEMBELAJARAN-CONTEXTUAL-THEACING-LEARNING-CTL


Jumat , 13 Desember 2019 | 08:36:16

Eyde-Tusewijaya-Kasubbag-TU-Muda-dan-Inovatif


Rabu , 27 November 2019 | 08:09:23

H-Abdul-Rohim-Kepala-Kantor-Kemenag-yang-Dicintai-Masyarakat


Rabu , 16 Oktober 2019 | 12:40:11

ANTINOMI-REGULASI-STATUS-PERKAWINAN


Selasa , 24 September 2019 | 11:28:41

PPKB-GPAI-DIAGNOSA-GURU-AGAMA


Rabu , 18 September 2019 | 11:48:07

Madrasah-untuk-Kita-Semua


Senin , 09 September 2019 | 10:01:01

MEMELUK-RINDU


Sabtu , 10 Agustus 2019 | 17:06:22

Rukun-dan-Wajib-Haji-dimulai-hari-ini


Rabu , 10 Juli 2019 | 09:37:24

Dampak-Positif-dan-Negatif-Penggunaan-Gadged-Bagi-Penggunanya


Senin , 27 Mei 2019 | 22:09:29

MANFAAT-IBADAH-PUASA-DALAM-KEHIDUPAN-MANUSIA-Oleh-Farid-Wajdi-SAg