*Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN 57 Pangkalpinang, Ini Pesan Pengawas PAI*

(Pangkalpinang), Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Mariyani, M.Pd., didampingi Pengawas Madrasah, Syahrul Bariah, M.Pd., dan Sekretaris Pokjawas, Sri Hartati, A.Ma., menghadiri Perayaan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 57 Pangkalpinang, Selasa, 19/10/2021.

 

Acara yang mengusung tema 'Melalui Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabi'ul Awal 1443 H, Kita Tingkatkan Aqidah dan Ukhuwah Islamiyah dengan Selalu Meneladani Sifat Rasulullah SAW menjadi Generasi yang Sholeh dan Sholeha" tersebut dibuka langsung oleh Kepala SDN 57 Pangkalpinang, Djuliana, S.Pd., dan dihadiri pula oleh seluruh guru dan siswa, serta menghadirkan penceramah Penyuluh Agama Islam Non-PNS Kemenag Pangkalpinang, Ustadzah Apriyanti Manuputty.

 

Dalam sambutannya Kepala SDN 57 Pangkalpinang, Djuliana, S.Pd. mengapresiasi perhatian Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam termasuk Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) pada sekolah umum, melalui Pengawas PAI yang selalu aktif melakukan monitoring dan evaluasi, sekaligus menghadiri setiap kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan Islam di Sekolah yang dipimpinnya tersebut.

 

Sementara itu, Pengawas PAI Kemenag Pangkalpinang, Mariyani, M.Pd. dihadapan para undangan dan seluruh siswa yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa momentum peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini hendaknya dapat meningkatkan motivasi dan semangat bagi para guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah yang saat ini telah mulai diterapkan secara bertahap setelah Pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

 

"Disamping itu, melalui peringatan Maulid ini, kita sebagai umat Islam hendaknya dapat menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh teladan bagi kita dalam menjalani kehidupan ini, serta diharapkan mampu mengaplikasikan keteladanan dari sifat-sifat mulia Nabi tersebut dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat," tutur Mariyani.

 

Dihubungi secara terpisah via WhatsApp Messenger pada hari yang sama, terkait hal ini, Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi, S.Ag., M.H. menjelaskan bahwa Perhatian terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam baik di Madrasah maupun sekolah-sekolah umum, termasuk Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI), sudah menjadi salah satu prioritas utama yang menjadi perhatian beliau sejak pertama kali menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang.

 

"Oleh karena itu, kami beserta seluruh jajaran dan elemen yang ada di Kemenag Kota Pangkalpinang selalu berupaya untuk memberikan perhatian khusus terhadap pelaksanaan pendidikan keagamaan, salah satunya dengan menghadiri kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan seperti peringatan Maulid Nabi ini," jelas H. Firmantasi.

 

Selain itu, lanjut H. Firmantasi, hal tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pihaknya, mengingat saat ini ada sejumlah 116 orang guru PAI yang bertugas pada sekolah umum di daerah Kota Pangkalpinang, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang tunjangan sertifikasinya dibayarkan melalui Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang.

 

"Kami pun berharap, melalui sinergi dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah dan pihak sekolah serta semua pihak terkait, kualitas pendidikan agama Islam di daerah Kota Pangkalpinang dapat terus kita tingkatkan." tutupnya. (gg/Gnd)

Berita Terbaru