LIBATKAN UNSUR TERKAIT, KEMENAG PGK ADAKAN RAKOR PEMANTAPAN HARI SANTRI NASIONAL 2021

KemenagPgk(humas)-Sebagai upaya persiapan dan pemantapan rencana pelaksanaan kegiatan Hari Santri Nasional, Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendin Pontren menggelar Rapat Koordinasi untuk membahas kegiatan Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2021 .

Rapat Koordinasi yang berlangsung Senin, 18 Oktober 2021 di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang ini dipimpin oleh Kasubbag TU, Eyde Tusewijaya, SE.,MM. Rapat dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Kasi Pendin Pontren, Kasi Penmad,Humas Pemkot, Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatussalikin, Mambaul ‘Ulum, Bumi Damai Assyfa, Ar Royyan, Darul Fatah, Taajul Waaqar, Darussalam dan Nurul Hidayah.

Dalam arahannya sebelum rakor dimulai, H. Firmantasi, S. Ag., MH selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang menyatakan “Hari Santri Nasional 2021 akan diperingati secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2021 yang telah ditetapkan Pemerintah adalah suatu hal yang  patut disyukuri. Hal ini merupakan sebuah penghargaan dari pemerintah terhadap perjuangan para santri dalam melawan kolonialisme dan penjajahan di Indonesia,”ungkapnya.

dilanjutkannya dengan penegasan bahwa seluruh pelaksanaan kegiatan Hari santri 2021 harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, mengedepankan prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan dalam rangka pengendalian dan pencegahan Covid-19, hal itu penting diperhatikan agar rancangan kegiatan tersebut tidak kontraproduktif dengan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Panduan pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional 2021 sangat penting bagi pemangku kepentingan, pesantren, santri dan masyarakat di seluruh Indonesia termasuk di Kota Pangkalpinang, dengan Rakor ini kita harus saling bersinergi agar pelaksanaan Hari Santri Nasional 2021 dapat berjalan lancar,”harap Firmantasi.

senada dengan itu Kasi Pendin Pontren, Abdul Khalim, SS menambahkan “sudah sepantasnya Hari Santri ini diperingati setiap tahunnya. Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dengan mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga sebagai bentuk pernyataan sikap Santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia."

“Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama RI No. 28 Tahun 2021 tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2021 maka perlu diadakan musyawarah bersama untuk menentukan Petugas Upacara Bendera dalam Rangka Hari Santri Nasional yang akan dilaksanakan di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang,” Jelas Eyde saat memulai rapat.

Akhirnya setelah beberapa jam rakor diadakan diperoleh kesepakatan bahwa Upacara Bendera memperingati Hari Santri Nasional akan diikuti oleh 300 orang Santri dan yang akan menjadi Pembina Upacara adalah Walikota Pangkalpinang Dr. H. Maulan Aklil, S.I.P., M.Si. selanjutnya yang akan berlaku sebagai MC dan Komandan Upacara serta Pemimpin lagu adalah utusan dari Ponpes Bumi Damai Asyifa, sedangkan Petugas Pengibaran Bendera  adalah utusan dari MAN 1 Pangkalpinang, Pembaca UUD 1945 utusan dari Ponpes Darussalam, Kalam Ilahi  utusan dari IPQOH, dan Doa utusan dari Ponpes Arroyan. hal ini berdasarkan paparan dari pemimpin rapat yakni Kasubbag TU kemenag kota pangkalpinang.

“Perhelatan Hari Santri Nasional 2021 yang akan dilaksanakan Jum’at, 22/10/21 semoga berjalan lancar, aman dan sesuai dengan Prokes Covid-19,” tutup Eyde mengakhiri rapat.(surdj/Gnd)

Berita Terbaru