Peringatan Hari Santri Nasional di Kota Pangkalpinang Tahun Ini Dipastikan Berlangsung Meriah

(Pangkalpinang), Momen peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di daerah Kota Pangkalpinang yang jatuh pada tanggal 22 Oktober nanti, dipastikan akan berlangsung meriah. Hal tersebut terungkap setelah Kepala Kantor, H. Firmantasi, S.Ag., M.H. dan Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M., didampingi Sekretaris PW.GP. Anshor Babel, M. Syukri mengadakan pertemuan sekaligus rapat koordinasi dengan Walikota Pangkalpinang di ruang kerjanya pada Senin, 18/10/2021.

"Kedatangan kami kesini adalah untuk melaporkan rencana sekaligus meminta arahan Bapak Walikota terkait pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Kota Pangkalpinang," tukas H. Firmantasi mengawali pembicaraan.

Dilanjutkannya, dalam rencana awal yang telah disusun, pelaksanaan akan dipusatkan di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, dimulai dengan upacara, deville kafilah dan pentas unjuk kebolehan para santri.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil menyatakan bahwa pihaknya menyetujui rencana tersebut dan beliau pun telah memerintahkan stafnya untuk membantu mempersiapkan serta memfasilitasi segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan dan kesuksesan acara tersebut.

"Akan tetapi, agar dapat berlangsung dengan lebih meriah, sebaiknya pelaksanaan dipusatkan di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang saja, mengingat disana sudah tersedia fasilitas seperti tribun dan panggung kehormatan," saran Walikota Pangkalpinang.

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut Walikota, diharapkan dapat melibatkan seluruh unsur terkait, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Ormas-ormas Keagamaan lain di Kota Pangkalpinang, untuk menyemarakkan sekaligus menunjukkan semangat kebersamaan dalam keragaman yang telah terbina dengan baik di daerah Kota Pangkalpinang ini.

"Disamping itu, tribun dan panggung kehormatan tersebut telah lama tidak dipergunakan untuk peringatan maupun acara-acara resmi dikarenakan Pandemi Covid-19 yang melanda beberapa waktu yang lalu. Dengan dipergunakannya kembali tribun dan panggung kehormatan tersebut pada momen peringatan Hari Santri Nasional Tahun ini, diharapkan dapat menunjukkan bahwa dengan semangat keberanian dan doa para santri, Pandemi dapat segera sirna seluruhnya," jelas Molen, sapaan akrab Walikota Pangkalpinang.

Ditambahkannya pula, hal tersebut diharapkan mampu menumbuhkan semangat bagi kebangkitan dan geliat kegiatan sosial kemasyarakatan serta perekonomian di daerah Kota Pangkalpinang di era Pasca Pandemi ini.

Terlebih lagi, sambung Walikota, saat ini Kota Pangkalpinang juga telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Pusat terkait kesuksesan pelaksanaan Vaksinasi yang telah mencapai lebih dari 70% masyarakat, sehingga sudah terbentuk Imunity. Dan saya kira sudah tidak ada masalah lagi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak peserta, dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kita mulai dengan Bismillah, niat yang baik, dilaksanakan dengan kegiatan yang baik pada momen yang baik, Insya Allah akan membuahkan hasil yang baik pula." pungkasnya.

Penulis :  gg

Editor   : rm

Berita Terbaru