Tingkatkat Pemahaman EDM dan e-RKAM Bagi Madrasah, Bidang Penmad Selenggarakan Sosialisasi Tatap Muka


Keterangan Foto : Kegiatan EDM dan e-RKAM untuk Kepala dan Operator Madrasah di Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (15/10)

Pangkalpinang--- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Bidang Pendidikan Tingkatkan pemahaman pemahaman penyusunan anggaran Madrasah untuk Kepala Madrasah dan Operator. Kegiatan ini bertujuan untuk ketepatan dalam penyusunan anggaran kebutuhan madrasah dalam Sosialisasi Pemutakhiran Evaluasi Diri Madrasah tahun 2021 dan Rencana Kerja dan Madrasah Tahun 2022.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Tumiran, MH melalui Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Drs. H. Nasution, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lajut dari Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor B-2963.2/Dj.I/HM.01/09/2021 tentang Pemutakhiran Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tahun 2021 dan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Tahun Anggaran 2022 dan kegitanan ini sebelumnya telah dilakukan secara berani pada bulan September lalu, yang diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini memberikan persepsi yang sama di antara madrasah-madrasah yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung."

Dijelaskan juga oleh Analis Muda Pengelolaan Keuangan APBN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung Mirdhan Hafiluddin saat membuka kegiatan yang serupa secara tatap muka bagi Kepala dan operator Madrasah di MAS Al Hidayah Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (15/10/2021).

Mirdhan mengharapkan dengan adanya sosialiasi secara tatap muka ini agar Kepala dan Operator Madrasah dapat lebih faham dan tertib Administrasi juga sesuai kemampuan dalam pengisian EDM dan e-RKAM." Analis Kelembagaan dan Pembinaan Pendidikan." Pengisian EDM dan e-RKAM harus sesuai dengan kemampuan yang ada, jangan ketika kemampuan kita rendah tetapi mengingkan tinggi".

"begitu juga sebaliknya,ketika tahu faham dan tahu apa kelemahan kita itulah yang harus diprioritaskan untuk dikembangkan lebih baik lagi". harapnya

Pada kesempatan kali ini Materi disampaikan oleh Analis Kelembagaan dan Pembinaan Pendidikan Vitta Damayanti dan Analis Data dan Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ayu di Bidang Penmad Kanwil Kemenag Babel yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Kabupaten Bangka juga Kota Pangkalpinang sedangkan selanjutnya akan diseelenggarakan di Kabupaten Bangka Tengah juga Belitung melalui media berani. 

Vitta menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini sebelumnya telah dibuka oleh Kepala Bidang Pemutakhiran EDM Tahun 2021 melalui Daring yang menjadi dasar acuan untuk madrasah dalam mengikuti RKAM Tahun Anggaran 2022. "Dari pemutakhiran EDM madrasah bisa mengetahui sejauh mana kinerja madrasah dan juga mengetahui komponen biaya yang menjadi prioritas. untuk dianggarkan pada RKAM sehingga sosialisasi ini sangat penting untuk diselenggarakan".tutup Vitta.

Penulis : Vitta

editor : rm

Berita Terbaru