H. Firmantasi ; Pentingnya Menanamkan Pemahaman Tentang Moderasi Beragama Sejak Usia Dini

(Pangkalpinang), Pemahaman terkait Moderasi Beragama yang menjadi kunci terciptanya toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia, yang meliputi cara pandang, sikap dan perilaku dalam beragama, menjadi suatu hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi muda sejak usia dini, agar dapat diimplementasikan untuk merawat dan menjaga keragaman, di tengah-tengah masyarakat yang plural dan multikultural, khususnya di daerah Kota Pangkalpinang.

Demikian dikatakan H. Firmantasi, S.Ag., M.H., Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang dihadapan para guru Pendidikan Agama Islam saat mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Education Management Information System (EMIS) PAI dan Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) di SDN 30 Pangkalpinang pada Rabu, 06 Oktober 2021.

Dalam kegiatan Monev bersama dengan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Pangkalpinang, Erkandi, S.Ag., M.H. beserta Timnya tersebut, H. Firmantasi juga menekankan kepada para guru PAI, agar dapat menyelipkan modul terkait Moderasi Beragama dalam pemberian materi pelajaran kepada siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

"Penanaman pemahaman terkait moderasi beragama kepada para siswa usia sekolah dasar ini, hendaknya dilakukan dengan bahasa-bahasa sederhana yang mudah dimengerti oleh anak-anak, sehingga dapat dicerna dengan lebih efektif sesuai dengan kapasitas dan pola pemikiran mereka," harap H. Firmantasi.

Terkait pengaplikasian EMIS dan SIAGA oleh para guru PAI SDN 30 yang dimonitoring pada saat itu juga, Kasi Pais, Erkandi mengungkapkan bahwa segala sesuatu terkait hal tersebut sudah berjalan dengan cukup baik.

"Alhamdulillah dari 3 orang guru PAI, semuanya sudah dapat mengaplikasikan EMIS dan SIAGA dengan baik, sesuai dengan yang diharapkan, mulai dari berkas hingga kelengkapan administrasi dalam aplikasi," tutur Erkandi.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Asnana, Kepala SDN 30 Pangkalpinang menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan dan sikap Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi beserta Tim yang dianggapnya ramah dan memiliki jiwa kekeluargaan yang tinggi. Bahkan beliau pun sempat mengajak H. Firmantasi dan rombongan untuk berkeliling melihat taman dan lingkungan sekolah yang tertata dengan sangat apik. (gg/Gnd)

Berita Terbaru