Tindaklanjuti SE EDM dan RKAM, Kemenag Babar Kumpulkan TPM Madrasah


Keterangan Foto : Pelaksanaan Penyusunan Instrumen EDM dan RKAM di kemenag Bangka Barat

Muntok (Bangka Barat). Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pendis nomor B-2963.2/DJ.I/HM.01/09/2021 tentang Pemutakhiran Evaluasi Diri madrsah (EDM) Tahun 2021 dan Penyusunan Rencana Kerja dan ANggaran Madrasah (RKAM) Tahun Anggaran 2022, kemenag Bangka Barang mengumpulkan tim pengembang mutu madrasah untuk tata cara pengisian secara manual pada file excel. Kegiatan dilaksanakan di kantor Kemenag pada hari Senin, 27 September 2021. Hadir dalam kegiatan tersebut bendahara dan operator BOS sebagai perwakilan TPM Madrasah.

Kasi Penmad, Juandi, dalam penyampaiannya mengatakan bahwa penyusun EDM dan RKAM sebagiamana SE paling akhir tanggal 30 September 2021 untuk madrasah negeri dan untuk madrasah swasta kemungkinan batas akhir penyusunannya diundur. Namun, karena berkaitan dengan penyusunan anggaran, semakin cepat untuk disampaikan semakin baik bagi madrasah agar segera menyusun EDM sebagai dasar penyusunan RKAM tahun 2022.

"kami sampaikan bahwa tugas madrasah pertama adalah membentuk tim pengembang mutu madrasah yang terdiri dari kepala madrasah sebagai penanggung ajwab, wakil kepala sebagai ketua, perwakilan guru, komite, perwakilan orang tua, osisi dan perwakilan tokoh agama atau tokoh masyarakat. Kemudian tim akan melakukan pengisian EDM dalam bentuk excel terlebih dahulu dimana ada 26 pertanyaan sebagai indikator yang harus dinilai dan disertai dengan eviden sebagai dokumen dari indikator tersebut" ujar Juandi.

"langkah selanjutnya adalah memberikan pembobotan berdasarkan kondisi madrasah masing-masing. pembobotan dilakukan sesuai dengan keterangan indikator edm, yaitu mulai dari katagori sangat baik (4) hingga kurang (1). Pembobotan tersebut selanjutnya harus dijelasakan dalam kolom deskripsi dan baru kemudian madarsah menentukan kegiatan prioritas yang direkomendasikan. Madrasah menentukan sasaran, output dan outcome serta komponen biaya utama. Selesai pengisian di sheet EDM, madrasah harus mengisi RKAM pendapatan, RKAM belanja non EDM, RKAM belanja prioritas EDM dan melakukan rekap serta kros cek APBM". demikian tutur Juandi sekaligus menjadi narasumber kegiatan tersebut (JND/Gnd)

 

Berita Terbaru