Ka.Kanwil Babel Tekankan Upgrade Kompetensi Penghulu


Keterangan Foto : Ka. Kanwil Kemenag Babel Drs. Tumiran,MH saat membuka Sosialisasi Peraturan Penghulu di Renz Hotel, Senin(27/09/2021)

bkgi, Pangkalpinang--- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Tumiran Ganefo, MH., menekankan kepada para penyuluh dilingkungan Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat mengupgrade kompetensi keilmuannya dalam segala bidang sesuai dengan kebutuhan zaman dan teknologi.

Hal tersebut dikatakan Tumiran saat memberikan pengarahan dalam acara Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan yang diselenggarakan oleh Bidang Bimas Islam didampingi oleh Kabid Bimas Islam Abdul Aziz,Kasi Kepenghuluan dan Bina Keluarga Sakinah yang dihadiri oleh Dua Puluh Empat orang peserta terdiri dari para Kepala Seksi Bimas Islam se-Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dan para Penghulu utusan dari beberapa kabupaten/Kota, yang dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan  Nara Sumber dari Kasubdit kepenghuluan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kanwil Kemenag dan Praktisi MUI dengan 12 Jam Pelajaran, bertempat di Renzt Hotel pada Senin,( 27/09/2021).

Dalam arahannya Tumiran juga mengatakan peran penghulu sangat strategis ditengah kehidupan masyarakat di bidang perkawinan, juga memiliki tantangan yang besar serta harus menyesuaikan dengan kondisi dan tuntutan zaman sesuai dengan aturan hukum yang ada. "Profesi penghulu itu sangat besar perannya di tengah masyarakat dalam hukum perkawinan dan tugas yang juga berat karena mempunyai tantangan untuk selalu mengup grade kompetensinya dalam keilmuan dan pemahamannya dibidang hukum untuk tugasnya sesuai dengan perkembangan zaman",Katanya

Dalam kesempatan yang sama Kasi Kepenghuluan dan Bina Keluarga Sakinah Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel Abdul Malik, mengungkapkan para  Penghulu dalam bertugas tetap mematuhi kode etiknya." Seorang Penghulu kode etiknya senantiasa menambah keilmuannya baik dari aspek kajian terkait referensi bahasa Arab pada Fiqh Munahakat, maupun dari aspek regulasi-regulasi hukum negara".ungkap Malik.

"Dengan adanya kegiatannya itu diharapkan nantinya para penghulu semakin berkompeten dalam memutuskan persoalan dimasyarakat, sesuai dengan tema kita hari ini wujudkan penghulu profesional, Kompetibel, dan inovatif sesuai dengan Perka BKN no. 14 tahun 2021 tentang Petunjuk pelaksanaan Jafung dan PMA No. 16 Tahun 2021 tentang Jabatan fungsional Penghulu",tutupnya. (rm)

 

 

Berita Terbaru