Usai Visitasi Akreditasi Online, Halimatuusa'diyah dan Ar Rahman Sedikit Lega


Keterangan Foto : Kepala madrasah dan guru di MTs Halimatuusa'diyah dan Ar Rahman sedang mendengarkan review tim asesor BAN S/M sebelum penutupan visitasi

Muntok (Bangka Barat). Dua madrasah di lingkungan Kemenag Bangka Barat selesai divisitasi secara online oleh tim asesor BAN S/M pada Sabtu, 26 September 2021. Keduanya adalah MTs Halimatuusa'diyah Muntok dan MTs Ar Rahman Simpang Yul kecamatan Tempilang. Pelaksanaan visitasi akreditasi dilakukan secara serentak selama dua hari oleh masing-masing dua asesor berbeda.

Kepala MTs Halimatuusa'diyah, Dian Ekawati, dan kepala MTs Ar Rahman, Nurhayati, merasa sedikit lega dengan selesainya visitasi ini setelah beberapa minggu berjibaku untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen dan segala hal yang diperlukan untuk memberikan gambaran bahwa MTs ini sangat layak mendapatkan nilai terbaik. Namun, keduanya belum benar-benar bisa lega karena masih menunggu hasil penilaian dari tim asesor.

Kasi Penmad, Juandi, bersama pengawas madrasah turun langsung melakukan pendampingan mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya. Dua hari sebelum pelaksanaan visitasi di MTs Halimatuusa'diyah, mereka sudah melakukan pembekalan akhir dimana seluruh guru, komite, perwakilan alumni, perwakilan orang tua siswa dan beberapa siswa dikumpulkan untuk diberikan arahan. Sementara di MTs Ar Rahman sehari sebelum pelaksanaan juga dilakukan hal yang sama.

"Kita lakukan pendampingan bersama dengan pengawas madrasah dan Alhamdulillah setidaknya madrasah lebih terbantu, walaupun hasilnya kita belum tahu" ujar Juandi.

Pada pelaksanaannya, pendampingan dilakukan secara terpisah mengingat pelaksanaan visitasi dilakukan dalam waktu yang bersamaan antara dua madrasah. Dua orang pengawas (Heni Rohaeni dan Suparto) melakukan pendampingan ke MTs Halimatuusa'diyah pada hari pertama sedangkan kasi Penmad melakukan pendampingan ke MTs Ar Rahman. Kemudian hari kedua pengawas melakukan pendampingan ke MTs Ar Rahman.

Visitasi akreditasi online berjalan lancar walaupun ada beberapa kondisi yang tidak mendukung, seperti pemadaman listrik di wilayah Muntok dan kendala sinyal yang tidak stabil di Simpang Yul. Hal-hal teknis ini sudah diingatkan kasi.penmad dan pengawas kepada kepala madrasah agar mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk saat pelaksanaan. Namun, secara keseluruhan semua berjalan normal. (Jnd/Gnd)

Berita Terbaru