Semi Virtual Ka.Kanwil Resmi buka Kegiatan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XIV Semi Virtual Tahun 2021

Bkgi, Tanjung Pandan - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Tumiran Ganefo, MH. membuka Kegiatan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XIV Semi Virtual Tahun 2021 untuk Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dilaksanakan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung bertempat di Hotel La Lucia Boutique dari tanggal 25 s.d.28 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta dibawah bimbingan 7 orang pelatih dan 6 orang official yang akan mengikuti 5 cabang lomba, yaitu: Utsawa dharma wacana bahasa indonesai diikuti oleh 4 orang peserta dan cabang bahasa inggris 1 orang peserta, menghafal seloka dengan 4 orang peserta, membaca seloka remaja 4 orang peserta dsn anak anak 4 orang peserta, membaca palawakia remaja sebanyak 4 orang peserta dan dewasa 2 orang peserta.

Plt. Pembimas Hindu Kanwil Wisnu Widianyo, SH yang juga selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara semi virtual dengan tema "Menumbuh kembangkan Literasi dan Moderasi Beragama untuk mewujudkan masyarakat Hindu yang cerdas dan berintegritas". Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman penghayatan sastra Wedha dalam rangka membentuk karakter bangsa, menyamakan persepsi umat hindu dalam rangka moderasi beragama, melestarikan dan mengembangkan dharma gita dalam rangka menumbuhkan kearifan lokal dalam membentuk karakter bangsa.

Dalam arahannya Kakanwil menekankan bahwa kegiatan Utsawa Dharma Gita ini bertujuan mengedepankan penerapan nilai nilai agama, sebagaimana kita pahami bahwa nilai nilai agama tidak saja bekal kita untuk menghadap Tuhan YME namun juga bekal kita dalam pergaulan sehari hari dimasyarakat yang plural, kita patut bersyukur di tengah kondisi pandemi covid 19 kita bisa melaksanakan kegiatan ini secara semi virtual dan tentunya ini berkat kemajuan tehologi sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan baik tentunya kita tetap menerapkan protokol kesehatan.

Beliau juga menyampaikan bahwa dari penerapan nilai nilai agama maka dunia akan tentram, tentunya ini tumbuh dari kesadaran setiap insan untuk menyadari bahwa ada 6 agama untuk itu mari kita tebarkan nilai nilai agama dalam kehidupan di tengah tengah masyarakat.(TAN/Vie)

Berita Terbaru