Melalui Bimtek Hisab Rukyat Tingkatkan ketrampilan Dan Kompetensi Menuju Kinerja Yang Profesional

Pangkalpinang-Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Bangka Belitung melalui Seksi Urais dan Bina Syariah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Hisab Rukyat. Undang-undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman, Peradilan Agama yang semula menjadi tugas dan tanggung jawab Menteri Agama beralih ke Mahkamah Agung. Sedangkan penetapan awal bulan Qamariyah masih dibina oleh Menteri Agama.PenetapanRamadan, Syawal dan Zulhijjah menjalankan Rekomendasi Fatwa MUI No. 2 Tahun 2004 yaitu dengan mekanisme Sidang Isbat

Hal ini di sampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung Drs. H. Tumiran Ganefo , MH dalam Bimbingan Teknis Hisab Rukyat di Asrama Haji Antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  pada hari Selasa (15/06/2021)  “ Saya berharap dengan bimbingan Teknis Hisab Rukyat ini, kita tingkatkan ketrampilan dan kompetensi menuju kinerja yang profesional, amanah dan akuntabel,” ujarnya.

Kasubdit Hisab Rukyat Kementerian Agama RI  H.Ismail Fahmi  memaparkan urgensi  Theodolit sebagai alat pengukur arah Kiblat, alat ini dapat pula dipergunakan untuk mengukur jarak optis antara dua titik dan beda tinggi.

“Penggunaan kompas dalam pengukuran arah kiblat tidak di rekomendasikan sebab kompas masih terpengaruh oleh medan magnet, oleh karena itu pengukuran arah kiblat dengan menggunakan kompas hasilnya kurang maksimal. Dengan menggunakan Theodolite pengukuran arah Kiblat lebih tepat dan akurat”,tegasnya.

Alat ini banyak digunakan sebagai piranti pemetaan pada survey geologi dan geodesi, dengan berpedoman pada posisi dan pergerakan benda-benda langit misalnya matahari sebagai acuan dan bantuan satelit-satelit GPS maka theodolit akan menjadi alat yang dapat mengetahui arah secara presisi hingga skala detik busur.

Kegiatan Bimbingan Teknis Hisab Rukyat di ikuti oleh 70 peserta di bagi menjadi 2 Angkatan, dari perwakilan Kabupaten/Kota di Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung dan Narasumber dari seksi Hisab Rukyat Kementerian Agama RI.(aqj/rma).

Berita Terbaru