Lebaran 13 Mei, Ini Himbauan Kemenag

Bkgi, Penagan - Bidang Bimbingan Masyarakat Islam ( Bimas Islam) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung bersama Tim Hisab Rukyat Provinsi Bangka Belitung, BMKG Pangkalpinang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota, Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Babel, Majelis Ulama Indonesia( MUI) Provinsi Babel, menyelenggarakan kegiatan pemantauan rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 1422 H secara serentak di Pantai Tanjung Raya Penagan , Pantai Tanjung Pendam Belitung dan Pantai Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, Selasa( 11/05).

Plt.Kanwil Kemenag Babel, Drs. H. Rebuan, M.PdI, didampigi Kabid Bimas Islam, Drs. H.Abdul Azis, MH, Ketua Panitia Hisab Rukyatul Hilal Kemenag Babel, Iwan Setiawan, Kades Penagan dan jajaran lainnya menjelaskan sangat bersyukur karena pelaksaan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan di 88 titik se Indonesia termasuk Babel ini dapat berjalan lancar dengan kondisi cuaca yang cerah. Sehingga untuk pemantauan kali ini posisi hilal masih belum terlihat karena masih berada di bawah ufuk. Hal ini terjadi di seluruh Indonesia bahkan termasuk di berbagai belahan bumi lainnya. Sehingga sudah dipastikan penentuan 1 Syawal 1442 jatuh pada hari Kamis,13 Mei 2021.

Dalam kesempatan ini juga beliau menghimbau bahwa sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama Republik Indonesia, maka untuk rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Fitri 1442 H seperti jadwal takbir keliling untuk tahun ini ditiadakan karena mengingat masih dalam kondisi pandemi covid -19, penyantunan zakat fitrah juga jangan sampai menimbulkan kerumunan dan tetap mematuhi sesuai protokol covid-19.

Jadi untuk pelaksanaan sholat Ied Hari Raya Idul Fitri 1442 H atau bertepatan dengan 13 Mei 2021 M,sesuai dengan Surat Edaran( SE).07 Tahun 2021 Kementerian Agama Republik Indonesia tersebut maka dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan, penyampaian khutbah Hari Raya Idul Fitri 1442 H oleh khotib dilaksanakan selama 20 menit. Termasuk kami sampaikan berdasarkan hasil rapat di Polda Babel bahwa di himbau untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri 1442 H bagi para jamaah dianjurkan untuk wajib menggunakan masker dan membawa sajadah masing- masing dari rumah, ujar Rebuan.(Ly/Vie)

Berita Terbaru