Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel Laksanakan Rukyatul Hilal 1442 H


Keterangan Foto : Kabid Bimas Islam H.Abdul Aziz melakukan peneropongan hilal melalui Theodolit

Bangka-Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Rukyatul Hilal awal ramadhan 1442 H /2021 M bertepatan 29 Syakban dengan tema "Kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT bertempat di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan  Kabupaten Bangka Senin 12 April 2021.

Dalam laporannya Ketua pelaksana Rukyatul hilal Kanwil Kemenag Babel H.Iwan setiawan mengatakan seperti tahun sebelumnya bahwa pelaksanàan juga di Pantai Raya Desa Penagan Kabupaten Bangka  dan semoga penentuan awal ramadhan dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan  sehingga tidak menimbulkan persoalan ditengah masyarakat. Dalam penyelenggaraan ini dilaksanakan oleh tim rukyatul hilal Provinsi Kepulauan Babel terdiri Kanwil Kemenag Babel, PTA , IAIN SAS Babel, Tim hisab rukyat , BMKG Provinsi Kepulauan Babel.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel H.Abdul Aziz dalam sambutan mewakili plt. Kepala Kanwil Kemenag Babel menyampaikan Pemerintah dalam hal ini Kemenag RI sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomer 04 Tahun 2021 antara lain berbunyi pada prinsipnya sudah boleh melaksanakan kegiatan selama bulan ramadhan  tetapi hanya untuk zona hijau dan zona kuning sedangkan zona orange dan merah belum dibolehkan.Semoga pelaksanan ini hilal bisa terlihat  dan Tim rukyatul hilal bisa bekerja dengan seksama dan semua berjalan lancar," harapnya.

Dalam kegiatan Rukyatul hilal ini bahwa tinggi hilal mar,i +3 derajat 28 menit 0,54 detik dengan posisi hilal 1 derajat 44 menit 53,17 detik (sebelah selatan matahari) dan cahaya hilal 0,21 persen,"pungkasnya.

 

Berita Terbaru