Pendidikan Madrasah Kota Pangkalpinang Gelar Rakor & Pembinaan Kepala Madrasah


Keterangan Foto : Foto: Kankemenag membuka secara resmi Kegiatan Rakor & Pembinaan Kepala Madrasah Se-Kota Pangkalpinang di MI NU Kota Pangkalpinang. (Gnd/25/2)

Pangkalpinang, Kementerian Agama Kota Pangkalpinang kembali melakukan kegiatan melalui Seksi Pendidikan Madrasah yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah NU Kota Pangkalpinang.

Tri Edy Kesumo Raharjo, M. Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kepala Madrasah Se-Kota Pangkalpinang dari tingkat MI, MTs maupun MA baik Negeri maupun Swasta dan pengawas madrasah sekaligus kita bersilaturrahim di tempat yang baru, dan inilah wajah MI dibawah kementerian Agama Kota Pangkalpinang, kami juga melaporkan bahwasanya kegiatan ini merupakan kelanjutan dari POS (Prosedur Operasional Standar) Ujian Madrasah yang sudah kami terima di Pendidikan Madrasah, pada hari ini kita “Sosialisasikan dan kita bahas apa saja yang dapat kita lakukan dan persiapkan dari POS tersebut, ujian Madrasah pelaksanaannya diserahkan di satuan kerja masing-masing, kita perlu koordinasi, karena dari kantor kementerian agama akan melakukan monitoring, evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut, jadi sistemnya harus jelas, jadwal harus kami ketahui, apakah madrasah melakukan sesuai dengan pos atau tidak karena itu menjadi tanggung jawab kami selaku Seksi Pendidikan Madrasah”, Ujarnya.

Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyamakan satu suara perihal pelaksanaan ujian madrasah, pelakanaan ujian madrasah tidak kami komando, namun diserahkan kepada satker masing-masing, kami hanya mengawasi, mengontrol, dan mengevaluasi dari pelaksanaan tersebut.

Kankemenag mengucapkan terimakasih atas undangannya, dan menyampaikan terimakasih atas kehadiran para kepala baik MI, MTs dan MA serta Pengawas Madrasah. Beliau menyampaikan sebuah survei, kelemahan siswa kita ada tiga, pertama kelemahan di bidang matematika, kelemahan di bidang sains dan kelemahan dibidang literasi, kelemahan ini yang harus kita tingkatkan kualitasnya.”saya berharap kedepan seksi pendidikan madrasah dapat memberikan motivasi pengembangan sains di madrasah, karena dasar ilmu sains itu adalah pengamatan atau observasi proses”. Penanaman kebiasaan mengamati pada siswa nantinya akan memberikan pengaruh  pada cara berfikir, memberikan ide-ide yang brilian. Begitu juga peningkatan pada ilmu matematika, siswa dilatih untuk mencintai ilmu matematika, disekitar kita ini penuh dengan angka-angka, apalagi dengan teknologi saat ini, penuh dengan coding. Yang ketiga terkait literasi, kedepan yang dibutuhkan adalah anak-anak yang hobi membaca, bukan anak-anak yang pandai membaca, tugas kita bersama bagaimana dapat menigkatkan literasi di satuan masing-masing, tambahnya.(Gnd/rma)

Berita Terbaru