Nota Kesepakatan Bersama Antara Kemenag Babar Dan Kejari Babar

Bangka Barat-Kepala KanKemenag Kab. Bangka Barat H. Syarifudin, S.Ag.,M.Pd,I dan Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat Helena Octavianne, S.H.,M.H lakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Selasa 19 Januari 2021.

Kepala Kemenag Babar menyampaikan dengan adanya MoU ini kita bekerja bersama-sama dan akan berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sesuai dengan wewenang serta tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Kepala Kajari Babar menambahkan bahwa dengan adanya MoU ini dapat membantu dan menjadi syarat menuju WBK, pihak Kejari selaku Jaksa Pengacara Negara (JPN) siap membantu pendampingan hukum (legal Assistance/LA) Tata Usaha Negara dan Perdata kepada Kemenag Babar, misalnya dalam rangka menyelesaikan sengketa aset yang di Kementerian Agama, juga pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dengan memberikan pendapat hukum (legal opinion/LO)dan sebagainya.

Adapun maksud dan tujuan Nota Kesepakatan Bersama ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak dalam bidang perdata dan tata usaha negara, dan bertujuan untuk meningkatkan efektifitas penanganan dan penyelesaian masalah hukum dalam bidang perdata dan tata usaha negara, perkara hukum tentang perkawinan dan perceraian, pengasuh anak dan kewarisan, penistaan agama, pendirian rumah ibadah serta permasalahan keagamaan umumnya baik di dalam maupun di luar pengadilan yang di hadapi para pihak.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan penyuluhan hukum kepada siswa Madrasah/sekolah dengan sistem daring yang di fasilitasi pihak Kejari Babar. Ka. Kemenag Babar menyambut baik Nota Kesepakatan Bersama ini dan siap bersinergi dalam pelaksanaan program kegiatan secara bersama-sama.

Nota Kesepakatan bersama ini berlaku selama 3 tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani.(FD/rma)

Berita Terbaru