Kanwil Kemenag Babel Melaksanakan Upacara HAB 75 "Indonesia Rukun"


Keterangan Foto : Peserta Upacara berdoa pada Upacara HAB 75

bkgi, Pangkalpinang - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. H. Muhammad Ridwan, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 75 yang dilaksanakan di halaman Kantor Wilayah, selasa (5/1).

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Wilayah dengan tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Menteri Agama RI KH Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Wilayah "Di usia 75 tahun Kementerian Agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kementerian Agama."

Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema" Indonesia Rukun", tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Lebih lanjut Menteri Agama mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru yang dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci yang meliputi :

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah menyerahkan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 37/TK/ Tahun 2020 kepada 18 PNS Kanwil Kemenag Babel atas pengabdian selama 30 tahun (1 PNS), 20 tahun (2 PNS) dan 10 tahun (15 PNS).

Kepala Kantor Wilayah juga memberikan penghargaan kepada satu orang Penyuluh Agama Khonghucu Novitasari, S.Pd. atas prestasi yang menjadi juara I Penyuluh Teladan Tingkat Nasional dan Guru Khonghucu Septriana sebagai Juara II Perempuan Khonghucu Tingkat Nasional. Semoga mereka berdua bisa menjadi inspirasi kita semua untuk memberikan yang terbaik bagi Instansi Kementerian Agama dan dapat berprestasi di tingkat Nasional. (AI)

 

Berita Terbaru