Kemenag Babar Laksanakan Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke 75


Keterangan Foto : pelaksanaan Upacara berlangsung dan pemberian satya lencana

Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat melaksanakan upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke 75. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman MTsN 1 Bangka Barat ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Kab. Bangka Barat yang terdiri dari pejabat struktural, pejabat fungsional umum, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah dan Guru Madrasah serta penyuluh agama. Selain itu, hadir dalam memenuhi undangan ini adalah Kapolsek Kecamatan Kelapa dan Kepala Bank SUMSEL Babel Cabang Muntok Tokoh Masyarakat Kecamatan Kelapa. Selasa(05/01/2021)

Bertindak sebagai Pembina upacara pada tahun ini adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat H. Syarifudin S.Ag.,M.Pd.I. Dalam sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Kepala Kemenag Kab. Bangka Barat Mengutip diantara isi Amanat Menag, Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju.

Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia. Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri. Dewasa ini, kita mengembangkan moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari bangsa kita.

Dirgahayu 75 Tahun Kementerian Agama. Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara.” Tutur Menag.

Dalam rangkaian upacara kali ini juga dilakukan pemberian satya lencana ke beberapa pegawai atas masa baktinya sebagai ASN Kementerian Agama dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdianya sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya. Serta pemberian Penghargaan bagi Guru-guru dan siswa berprestasi. Mengingat kondisi pandemi covid-19 maka peserta upacara dibatasi 150 orang.

Selanjutnya dilaksanakan acara Anjangsana untuk Siswa/i kurang mampu dari MIN 1, MIN 2 dan MTsN 1 Bangka Barat, serta dilanjutkan dengan pemberian hadiah perlombaan Make Up tanpa cermin dan menghias nasi goreng.(FD)

 

Berita Terbaru