Kemenag Basel Kedatangan Tamu Dari Kemenag Kab.Brebes

Bkgi, Bangka Selatan--Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan hari ini Kamis, 26/11/2020 terasa istimewa dikarenakan kedatangan tamu jauh dari pulau Jawa tepatnya dari Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Kedatangan tamu dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes  yang terdiri dua orang yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Mahrus, M.Pd.I dan Kasi PHU Mad Soleh, M.Si ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan kali ini dalam rangka study banding layanan haji Siskohat Mobile yang merupakan inovasi unggulan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan yang baru diresmikan diakhir bulan Oktober yang lalu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H yang didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha H. Iskandar, S.Pd.I., M.M., Kasi PHU H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. dan Kasi Bimas Islam H.M. Karyawan, S.Ag. saat menyambut kedatangan kedua tamu tersebut mengucapkan selamat dan terima kasih atas kedatangan dan kehadiran Kepala Kantor dan Kasi PHU Kemenag Brebes di Bangka Selatan.

"Sebuah kehormatan besar bagi kami atas kedatangan tamu dari jauh yang mau datang ke kampung kami ini, ini merupakan tamu pertama yang datang dari jauh karena selama ini yang datang ke kantor kemenag Basel baru dari internal Povinsi Babel saja ", ujar Kepala Kantor.

Terkait tujuan dari kedatangan kepala dan Kasi PHU Kemenag Brebes ke Bangka Selatan yaitu melaksanakan studi banding terkait layanan Siskohat Mobile, H. Jamaludin, S.Ag., M.H. mengatakan siap membantu apa saja yang dibutuhkan mulai dari persiapan sampai layanan Siskohat Mobile ini siap dioperasionalkan.

Beliau juga menjelaskan bahwa terkait dengan layanan Siskohat mobile ini, Kankemenag Basel melaksanakan kerjasama dengan beberapa instansi terkait seperi Bank Penerima Setoran dan Dinas Kesehatan Bangka Selatan.

"Kita disini memanfaatkan sarana dan prasana yang sudah ada seperti mobil perangkat komputer dan lainnya, karena kita tidak mempunyai anggaran khusus untuk Siskohat Mobile ini, tapi Alhamdulillah di tahun 2021 nanti kita akan mendapatkan bantuan berupa sebuah mobil lengkap dengan fasilitas lainnya untuk SISKOHAT Mobile ini", terang Kepala Kantor.

H. Jamaludin juga menerangkan bahwa Kantor Kemenag Basel juga sudah memiliki MoU dengan pihak Dukcapil Basel terkait layanan pasca haji, dimana bagi jamaah yang sudah pulang dari melaksanakan ibadah haji akan mendapatkan dokumen kependudukan baru yang sudah updating data kependudukannya termasuk memasukkan gelar hajinya.

Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Brebes Mahrus, M.Pd.I mengucapkan terima kasih banyak karena sudah diterima untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke Bangka Selatan.

"kami sengaja jauh-jauh datang ke Bangka Selatan ini untuk meilhat dan sekalian belajar terkait Siskohat Mobile ini", ujar Mahrus, M.Pd.I.

Kabupaten Brebes memiliki kesamaan dalam hal geografis dengan Bangka Selatan bedanya kalau Bangka Selatan wilayahnya kepualauan di Brebes daerahnya pegunungan.

"ada dua kecamatan yang jaraknya harus ditempuh hampir 4 jam dari ibukota kabupaten, sehingga memerlukan layanan seperti siskohat mobile ini untuk memudahkan layanan kepada masyarakat dikedua kecamatan tersebut", lanjut Kepala Kemenag Brebes.

"Nantinya sebagai langkah awal setelah kedatangan kami kesini, kami akan menetapkan kedua kecamatan tersebut sebagi pilot projectnya dan rencananya diawal tahun 2021 nanti akan langsung dioperasionalkan", ujar beliau.

Kasi PHU Brebes Mad Soleh, M.Si mengatakan sebenarnya untuk perangkat kemenag brebes sudah mempunyainya tinggal mobil nya saja yang perlu disiapkan.

Kasi PHU Berebes juga mengatakan bahwa kemenag Brebes merupakan salah satu dari 4 kankemenag di Jawa Tengah yang mendapatkan bantuan gedung PLHUT pada tahap pertama. 

SISKOHAT MOBILE DARI BANGKA SELATAN UNTUK INDONESIA. (CeeS83/rma)

 

Berita Terbaru