Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020, Kakankemenag Pangkalpinang Apresiasi Peran Aktif PGMI Dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi


Keterangan Foto : Suasanan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 di MAN 1 Pangkalpinang

(Pangkalpinang), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, H. ABDUL Rohim, S.Ag., M.H., mengapresiasi peran aktif Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Kota Pangkalpinang yang dalam masa Pandemi Covid-19 ini terus berperan aktif melaksanakan proses pembelajaran sebagai bentuk tanggung jawab moral terhadap keberlangsungan pendidikan anak bangsa.

Hal tersebut diungkapkannya sesaat seusai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pangkalpinang pada Rabu, 25/11/2020.

“Tadi juga kita telah menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 bersama dengan PGMI Kota Pangkalpinang yang pelaksanaannya dipusatkan di MAN 1 Pangkalpinang. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh guru Madrasah se-Kota Pangkalpinang, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA) hingga tingkat Aliyah, baik yang berstatus Negeri maupun Swasta, dengan tetap menerapkan protocol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” terang Rohim.

Dikatakannya juga, peringatan Hari Guru Nasional kali ini memberikan nuansa yang berbeda karena dilaksanakan dalam situasi Pandemi. Dan saat bertindak selaku Inspektur dalam pelaksanaan upacara, beliau pun menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI terkait peringatan tersebut.

“Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Mendikbud melalui pidato resmi yang sempat kami bacakan tadi, diantaranya, apresiasi terhadap para guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah, dan para pemangku kebijakan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi, dengan kesabaran dan semangat juang tinggi untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran, meski dalam keterbatasan,” paparnya.

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran di tengah pandemic sebagaimana yang diungkapkan Mendikbud dalam pidato resminya tersebut, lanjut Rohim, PGMI Kota Pangkalpinang juga turut berperan aktif, mereka adalah para pejuang pendidikan. Dan selaku Kepala Kantor Kementerian Agama, salah satu instansi pemerintah yang juga membidangi masalah pendidikan, beliau pun menghargai dan mengapresiasi perjuangan serta dedikasi para guru. Karena kita bukanlah siapa-siapa tanpa adanya peran guru odalam mendidik dan membimbing kita hingga dapat mencapai gerbang kesuksesan.

‘Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020, semoga slogan Bakti Guru Lindungi Negeri dapat terwujud dengan baik, sehingga dapat menciptakan momen-momen indah dalam pelaksanaan pendidikan di tengah situasi pandemic ini.’ Ucap Rohim.(gg/rma)

Berita Terbaru