124 Guru, Pengawas dan Kepala Madrasah Ikuti Assesment Kompetensi


Keterangan Foto : Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi Guru, Pengawas dan Kepala Madrasah

Pangkalpinang (19/11/2020) Sebanyak 124 guru, kepala dan pengawas Madrasah , mulai dari tingkat Ibtidaiyah hingga tingkat Aliyah dibawah naungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, mengikuti kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKM) mulai hari ini Kamis, 19/11/2020 hingga Jumat, 20/112020  di  MAN 1 Pangkalpinang.

Kegiatan nasional yang serempak di laksanakan seluruh Indonesia ini diselenggarakan oleh Dirjen Pendis Kementerian Agama RI melibatkan kanwil kemenag dan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.

Sebelum mengikuti Asesmen, para peserta mendapat pengarahan dari Kasi Penmad Kota Pangkalpinang, Tri Edy Kesumo selaku penanggungjawab jawab asesmen di wilayah Kota Pangkalpinang.

Tri berpesan bahwa kegiatan Asesmen ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kompetensi guru, kepala madrasah dan pengawas dengan standar yang ditetapkan. Hasil asesmen akan dijadikan bahan pengambilan keputusan para pengambil kebijakan ke depan terutama dalam peningkatan profesional guru, kepala dan pengawas.

Lanjutnya materi yang di tes kepada guru berisikan materi yang memuat kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Untuk Kepala madrasah, materi yang memuat kompetensi Manajerial, Supervisi dan Kewirausahaan. Sedangkan untuk Pengawas, materi yg tes berisi materi yang memuat kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan dan penelitian pengembangan.

Ia juga mengutarakan jumlah peserta dari guru berjumlah 102 orang, dari kepala madrasah berjumlah 18 orang, dan pengawas madrasah sebanyak 4 orang. Semua peserta registrasi melalui aplikasi simpatika.

Dalam akhir sambutannya, beliau mengucapkan Selamat berjuang kepada peserta semoga mendapat hasil maksimal. Aamiin (atmaja/gg)

Berita Terbaru