Bimas Khonghucu : Membangun Sinergi Dalam Kunker Ke MAKIN Bangka Selatan


Keterangan Foto : Bimas Khonghucu melakukan koordinasi dengan pengurus MAKIN Kab.Bangka Selatan Rabu (18/11/2020)

Bangka Selatan–Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Khonghucu, Sugiyo, S.IP, M.Si melakukan kunjungan kerja ke MAKIN Bangka Selatan, Rabu (18/11/2020). Bertempat di Litang Terang Kebajikan Toboali dilaksanakan  pertemuan koordinatif dengan pengurus MAKIN Bangka Selatan. Pertemuan ini merupakan langkah awal untuk menimba inspirasi dan aspirasi dari masyarakat khonghucu sebagai dasar penentuan program dan kebijakan di masa selanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Pembimas menyampaikan apa yang menjadi Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Pembimas Khonghucu sekaligus memberikan ruang dan kesempatan bagi pengurus MAKIN untuk menyampaikan harapan dan kebutuhan pelayanan keagamaan bagi masyarakat Khonghucu di Toboali. Pengurus MAKIN memberikan informasi: Perlunya sensus/pendataan ulang umat Khonghucu di Bangka Selatan. Selain itu disampaikan harapannya  adalah kebutuhan relokasi Litang Terang Kebajikan ketempat yang lebih luas dan bangunan yang memadai. Perkembangan jumlah umat Khonghucu dan aktivitas kegiatan keagaman yang tinggi menjadi dasar kebutuhan relokasi.

Pembimas Khonghucu mengapresiasi apa yang menjadi harapan pengurus MAKIN.  “Kita bersyukur bahwa Litang Terang Kebajikan Toboali Kabupaten Bangka Selatan selama ini sudah sangat membantu peribadatan atau kegiatan keagamaan umat Khonghucu. Seiring berjalannya waktu, jumlah umat yang semakin banyak dan aktivitas keagamaan cukup tinggi serta saat ini sudah terbuka ruang bagi Umat Khonghucu untuk menjalankan peribadatan dan kegiatan keagamaan Khonghucu, bila memang direncanakan relokasi dan bangunan baru, kami dari Bimas Khonghucu sangat mengapresiasi dan mendukung penuh rencana ini.

Penting dibicarakan dengan hati yang bening dan kehendak baik, antara Pengurus MAKIN dan Tokoh-Tokoh Agama Khonghucu agar diperoleh keputusan yang tepat dan terbaik bagi umat Khonghucu. Bimas Khonghucu sebagai bagian dari pemerintah akan mendukung dan memberikan yang terbaik bagi umat Khonghucu. Kami siap datang bila dibutuhkan koordinasi dan konsolidasi,” pungkas Sugiyo.(Yd/rma)

 

 

Berita Terbaru