H. Abdul Rohim : Imbauan Kakanwil Terkait Pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi 1442 H, Telah Disosialisasikan Melalui KUA dan Penyuluh Agama


Keterangan Foto : H. Abdul Rohim, Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang-Imbauan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. M. Ridwan, M.M., agar masyarakat dapat melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1442 H yang jatuh pada Kamis, 29 Oktober 2020 tahun ini secara sederhana dan tetap menerapkan protocol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, yang disampaikan juga melalui Kantor Kementerian Agama tingkat Kabupaten/Kota, termasuk Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, telah disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat melalui Kantor Urusan Agama tingkat Kecamatan dan para Penyuluh Agama Islam. 

Demikian dikatakan H. Abdul Rohim, S.Ag., M.H., Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang saat dihubungi via Whatsapp pada Kamis, 29 Oktober 2020.

“Untuk di daerah Kota Pangkalpinang, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang biasanya diadakan di masjid-masjid, tetap boleh dilaksanakan, karena ini juga merupakan bagian dari budaya yang sudah setiap tahun dilaksanakan,” ujar Rohim.

Tetapi, lanjut Rohim, untuk tahun ini, pada pelaksanaanya, masyarakat diimbau untuk tidak menggelar acara secara besar-besaran dengan mengumpulkan massa dalam jumlah yang banyak, cukup diperingati secara sederhana saja.

“Seperti biasanya, dalam acara peringatan maulid nabi di Kota Pangkalpinang umumnya diisi dengan pembacaan kitab, barzanji dan sejarah Rasulullah Muhammad SAW. Dan kami juga menganjurkan agar kegiatan-kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan sebagai wujud cinta kepada Rasulullah. Namun dengan tetap menerapkan protocol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” imbuhnya.

Beliau juga berharap agar para panitia pelaksana maupun masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut dapat saling menjaga agar tidak terjadi pelanggaran terhadap protocol kesehatan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Oleh karena itu, kami menghimbau agar masjid-masjid di daerah Kota Pangkalpinang tetap melaksanakan peringatan Maulid Nabi, dengan tetap disiplin menerapkan protocol kesehatan.” Pungkasnya. (gg/rma)

Berita Terbaru