Fix. Tim Verifikator Selesai Memverifikasi Dokumen PMPZI Kanwil Kemenag Babel


Keterangan Foto : Hari Kedua Tim Verifikator melakukan Verifikasi dokumen PMPZI Kanwil Kemenag Babel

bkgi,Pangkalpinang-(27/10/2020) Masuk pada hari ke-2 (dua), Tim Verifikator dari Bagian Fasilitasi Reformasi Birokrasi dan Pelaporan pada Biro Ortala Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, yaitu Bapak Kristanto dan Bapak Afif Afifuddin Alfa. Keduanya  melakukan verifikasi dokumen dukung 4 area pengungkit (setelah 1 hari sebelumnya melakukan verifikasi di 2 area, yaitu Manajemen Perubahan dan Area Ketatalaksanaan). Hari ini adalah area Manajemen SDM Aparatur, Peningkatan Akuntabilitas Kinerja, Area Pengawasan dan Area Pelayanan Publik. Selain itu verifikator juga banyak sekali memberi masukan dan pencerahan terkait evidence-evidence PMPZI yang tepat dan sesuai dengan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) PMPZI.

Dari hasil koordinasi dan verifikasi dokumen pembangunan zona integritas di lingkungan Kanwil Kemenag Bangka Belitung, masih terdapat kelemahan dokumen pada beberapa area terutama pada dokumen Tindaklanjut Hasil Monitoring dan Evaluasi, dan penerapan beberapa kegiatan yang menjadi pokok utama dalam area pengungkit, seperti misalnya pelaksanaan benturan kepentingan, evaluasi kembali SOP layanan yang terdapat pemangkasan atau penyingkatan tahap prosedur, atau evaluasi penerapan Whistle Blowing System, dan lain sebagainya.

Dengan adanya tim verifikator ini tentunya sangat membantu pokja PMPZI dalam menentukan atau menyiapkan dokumen yang tepat per area, begitu juga dengan program rencana kerja pokja dalam pembangunan zona integritas. Pelaksanaan pendampingan tim verifikator dari Biro Ortala, membuat pokja PMPZI (dan sebagian besar juga pokja PMPRB) menjadi lebih paham apa yang harus dilaksanakan dalam 6 area pengungkit tersebut, termasuk pencerahan atas inovasi-inovasi layanan yang telah disampaikan oleh Kepala Bagian Fasilitasi Reformasi Birokrasi dan Pelaporan tentang inovasi layanan yang dapat dilakukan oleh Kanwil Kemenag Babel, seperti misalnya program tanam hijau, valley parkir, dan atau beberapa inovasi layanan terkait kebutuhan masyarakat tanpa harus berulang kali mereka datang ke Kanwil Kemenag Babel, cukup dengan mengirimkan dokumen melalui aplikasi online atau melalui aplikasi pesan instan What's App atau Telegram, dan manfaatnya adalah pengguna layanan tinggal menerima hasil layanan tanpa kesulitan datang jauh-jauh berulang kali dan tidak perlu melengkapi berkas yang kurang karena sudah diverifikasi oleh penyedia layanan secara online. Dari masukan dan saran verifikator, pokja mendapat beberapa cikal bakal inovasi layanan di lingkungan Kanwil Kemenag Bangka Belitung.

Kegiatan verifikasi hari ini berlanjut sampai pukul 17.15 WIB. Dan telah diperoleh nilai hasil verifikasi yang akan dipaparkan oleh Tim Verifikator pada acara Exit Meeting besok pagi dihadapan seluruh Pokja PMPZI Kanwil Kemenag Bangka Belitung.(itz/vie)

 

Berita Terbaru