Jelang Akhir Tahun 2020, Ketua PPID Instruksikan Peningkatkan Kuantitas Berita


Keterangan Foto : Ketua PPID Kantor Kemenag Kota Pangkalpinangk, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M.

(Pangkalpinang), Penurunan kuantitas berita yang dirilis oleh Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang di tahun 2020 ini, mendapatkan perhatian serius dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha, sekaligus Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Data (PPID) pada Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M., yang dengan sigap mengambil tindakan memanggil staf yang bertugas sebagai Penyusun Berita ke ruangan kerjanya, guna mengkoordinasikan dan mencari solusi atas permasalahan tersebut pada Jum’at, 16/10/2020.

Dalam arahannya terkait hal tersebut Eyde mengungkapkan bahwa berita dan informasi merupakan salah satu elemen penting dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan terbuka sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sehingga kualitas dan kuantitas berita yang dirilis oleh  Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang sebagai  salah satu instansi pemerintah pun, harus terus berjalan dengan baik dan masimal, serta sesuai dengan regulasi dan aturan terkait penyaluran berita dan informasi instansi, yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Kominfo, maupun Kementerian terkait lainnya,

“Disamping itu juga, berita dan informasi juga merupakan salah satu media yang dapat mendukung kemajuan suatu organisasi, khususnya organisasi pemerintah, termasuk Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, karena lewat berita dan informasi lah semua hal yang berkaitan dengan Kemenag Pangkalpinang, dapat diakses dan diketahui oleh publik, mulai dari peningkatan kualitas kinerja, perbaikan pelayanan hingga prestasi yang telah diraih, sehingga diharapkan dapat membangun opini dan memperkuat citra Kemenag Pangkalpinang di mata publik,” papar Eyde.

Diungkapkannya juga, selama dua tahun terakhir, secara berturut-turut, Kemenag Pangkalpinang telah meraih penghargaan sebagai Satker Kontributor Berita terbanyak dari Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahkan pada tahun 2019 yang lalu, berita yang dirilis telah menembus angka 527 berita, hampir separuh dari jumlah total berita yang dirilis seluruh Satker di lingkungan Kanwil Kemenag Babel.

“Prestasi tersebut hendaknya dapat terus dipertahankan, karena untuk mencapainya bukanlah suatu perkara yang mudah, karena harus bersaing dengan seluruh satker lain, yang jumlahnya ratusan,” tegasnya.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Eyde, pihaknya juga akan memanggil seluruh unsur PPID dan staf yang bertugas mengolah data dan informasi pada setiap satker yang berada dibawah naungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang guna menginstruksikan pengaktifan kembali penulisan dan rilis berita di masing-masing satker.

Beliau pun berharap, instruksi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh staf yang bertugas sebagai sebagai pengolah data, informasi dan berita di seluruh satker yang ada, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kuantitas berita yang akan dirilis oleh Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang di masa-masa menjelang akhir tahun 2020 ini. (gg)

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru