KUA dan Disdukcapil Beltim Kukuhkan Sinergitas


Keterangan Foto : Foto bersama kepala kantor kementeeian agama dengan kepala disdukcapil dan kepala KUA

Bkgi- Manggar -Menjadi pertemuan penting antara Disdukcapil Belitung Timur dengan seluruh jajaran KUA Se Belitung Timur. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kepala Kemenag Belitung Timur duduk dalam satu forum menyamakan persepsi dalam melayani masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kependudukan terintegrasi antara Disdukcapil dan KUA Se Belitung Timur bertenpat di Disdukcapil Belitung Timur Selasa,(22/09/2020)

Memorandum Of Understanding (MOU) antara KUA dan Kepala Disdukcapil memang sudah ditandatangani dan diperbaharui awal tahun 2020, namun sebenarnya MOU ini sudah digagas sejak tahun 2017 awalnya oleh KUA Manggar. 

Beberapa poin penting terkait pencatatan entry data kependudukan warga dan terkait pencatatan nikah siri yang masih menimbulkan polemik dikupas bersama dan menemukan solusi yang baik, dan segera, seluruh warga Belitung Timur yang menikah langsung akan memiliki KTP dan KK sendiri terupdate yang didapat bersama buku nikahnya secara serentak hanya dengan memberikan KK asli dan email ke petugas layanan KUA.

Kepala Bidang Pencatatan Bayu Anggara mengatakan bahwa nantinya di seluruh Kecamatan se Belitung Timur akan ditunjuk petugas yang akan menjemput bola, KK dan dokumen nikah baru di seluruh KUA Kecamatan yang akan diterbitkan KTP, KK sekaligus KK penyerta yakni KK orang tua yang sudah dipecah dengan KK anaknya yang sudah menikah. 

"Layanan ini diharapkan akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukannya" ujar Bayu saat Rakor dengan kepala KUA se Belitung Timur di Disdukcapil Beltim Komplek Perkantoran Terpadu Belitung Timur.(adm/rma)

Berita Terbaru