Taman Kemenag Pangkalpinang, Salah Satu Upaya Perkuat Kekompakan dan “Sense Of Belonging” Para Pegawai


Keterangan Foto : Kasubbag Tata Usaha Kemenag Pangkalpinang,Eyde Tusewijaya (memakai masker putih), saat memantau proses pembuatan taman di halaman Kantor

Pangkalpinang-Pembuatan Taman yang dikelola oleh masing-masing Subbag, Seksi, Penyelenggara dan Pokja pada Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, sebagai wujud pelaksanaan gagasan yang merupakan hasil buah dari pemikiran Kepala Kantor, H. Abdul Rohim, S.Ag., M.H. dan Kasubbag Tata Usaha, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M., adalah salah satu upaya untuk memperkuat kekompakan, rasa kecintaan dan rasa memiliki (Sense of Belonging) para pegawai terhadap lingkungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang.

 “Sudah sepatutnya lah, rasa memiliki terhadap lingkungan Kantor sebagai tempat mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, terpatri dalam jiwa seluruh pegawai. Rasa memiliki tersebut pun hendaknya diwujudkan dengan upaya menjaga, memelihara dan memperindah lingkungan kantor, salah satunya dengan pembuatan taman seperti ini,” Demikian diungkapkan Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M. saat ditemui di sela-sela kesibukannya memantau proses pembuatan dan pengelolaan taman di halaman Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang pada Jum’at, 14 Agustus 2020.

“Setiap Subbag, Seksi, Penyelenggara dan Pokja kami berikan bagian lahan di halaman depan dan samping Kantor untuk dikelola menjadi Taman. Dan untuk desain dari taman itu sendiri kami serahkan sepenuhnya sesuai keinginan dan kreasi mereka masing-masing,” tutur Eyde.

Ditambahkannya juga, proses pengelolaan taman tersebut, tidak hanya berakhir setelah taman tersebut selesai dibuat, akan tetapi, seluruh Seksi pengelola harus bertanggung jawab memelihara bagian taman yang menjadi tanggung jawabnya secara rutin. 

 “Nantinya juga akan ada penilaian secara berkala dari Kepala Kantor, mulai dari kebersihan, keindahan, dan estetika dari taman-taman tersebut, serta akan diberikan penghargaan untuk Seksi pengelola taman terbaik sebagai pemacu semangat dan motivasi,” lanjutnya.

 Beliau pun meyakini, dengan keberadaan taman-taman tersebut, lingkungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang pun dapat menjadi semakin bersih, rapi dan indah.

 "Lingkungan yg bersih, rapi dan indah merupakan wujud pola lingkungan yang sehat dan tentunya juga akan memberikan kesejukan dalam pandangan mata baik bagi para pegawai kemenag maupun masyarakat datang untuk berurusan ataupun hanya sekedar lewat untuk melintas," tuturnya.

Diharapkannya juga, dengan adanya beberapa area di halaman Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang yang dimanfaatkan dan dikelola menjadi taman-taman, yang membuat lingkungan Kantor menjadi semakin bersih dan indah, para pegawai pun akan betah berada kantor dan semangat untuk bekerja pun akan semakin meningkat. Disamping itu, masyarakat yang datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan pun akan merasa lebih nyaman. (gg/rma)

Berita Terbaru