Supervisi PNBP NR, Penerimaan di KUA Masa Covid mengalami Penurunan


Keterangan Foto : Supervisi dan monitoring PNBP NR KUA Tempilang dan Kelapa

Kelapa (Bangka Barat), Tim supervisi Kemenag Bangka Barat hari ini, Senin 6 Juli 2020, melakukan monitoring pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak sektor Nikah dan Rujuk tahun 2020 di Kantor Urusan Agama Kecamaan Tempilang dan Kelapa. Pemeriksaan rutin yang biasanya dilakukan per triwulan pada tahun ini dilaksanakan persemester.

Selain memeriksa penerimaan dan penyetoran PNBP, tim juga memeriksa kelengkapan berkas nikah termasuk pengelolaan buku nikah yang masuk dalam persediaan bimas Islam. Hal ini penting dilakukan guna menyesuaikan antara jumlah buku nikah yang diserahkan ke KUA dengan laporan bulanan KUA. Selain itu kelengkapan berkas kepenghuluan dalam menikahkan calon pengantin yang pelaksanaan di luar kantor perlu diteliti semisal surat tugas, bukti setor yang sudah dibayar catin. Bukti setor itu bisa juga dipantau melalui e-billing.

Penerimaan KUA kali ini mengalami penurunan dibanding semester II tahun 2020. Hal ini disebabkan pembatasan pelaksana nikah terutama di luar Bali nikah selama masa pandemi covid 19.

"Penerimaan negara memang mengalami penurunan dari dua KUA yang kita datangi, misalnya bulan April dan Mei itu hampir tidak ada penerimaan negara untuk KUA Tempilang. Sedangkan KUA kelapa masih ada penerimaan tetapi sangat kecil. Hal ini tentu terkait dengn edaran Mentri Agama, tentang pembatasa pelaksanaan nikah selama pandemi covid 19" ujar Juandi selaku kasi Bimas Islam.

Kendati demikian, penerimaan negara bulan Juni mengalami peningkatan signifikan pada masing-masing KUA. (Jend/rma)

Berita Terbaru