Abu Zayyad Siswa MAN 1 Bangka Barat Terpilih Menjadi Qori Perwakilan Provinsi Babel di Program TV Indosiar Indonesia Mengaji


Keterangan Foto : Abu Zayyad bersama Keluarga dalam kegiatan MTQ tingkat kabupaten tahun 2020

Bangka Barat - Marhaban ya Ramadhan, beberapa hari lagi kita akan menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah. Semua umat Muslim di dunia menantikan datangnya bulan ini, umat muslim akan melaksanakan ibadah Ramadhan dengan sebaik-baiknya walaupun sedang dilanda wabah Covid-19. Program televisi pun berbondong-bondong menyajikan acara untuk menemani umat muslim menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, salah satunya adalah Indosiar. 

Indosiar bekerja sama dengan direktorat jenderal bimbingan masyarakat Islam (Binmas) Kementerian Agama RI menyajikan program Ramadhan diRumah Saja. 

Program Ramadhan dirumah saja oleh Indosiar menghadirkan sebuah tontonan yang diharapkan juga menjadi tuntunan bagi yang menyaksikan. Salah satu segmen dari Ramadhan dirumah saja yaitu segmen "Indonesia Mengaji" yang melibatkan Qori dan Qoriah dari 34 provinsi untuk melantunkan ayat suci Al-Qur'an. Tiap provinsi akan mengirimkan 1 Qori dan 1 Qoriah untuk menjadi perwakilan dalam acara Indonesia Mengaji.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengirimkan Qori Abu Zayyad dari Bangka Barat dan Qoriah Eva dari Bangka Tengah untuk menjadi peserta dalam Indonesia Mengaji Ramadhan dirumah saja Indosiar. Terpilihnya Qori Abu Zayyad menjadi peserta perwakilan provinsi menjadi kebanggaan bagi MAN 1 Bangka Barat karena Abu Zayyad merupakan siswa MAN 1 Bangka Barat.

Abu Zayyad adalah anak dari ayah yang bernama Rudi Hartono dan ibu bernama Megawati yang tinggal di desa Air Belo, Muntok kabupaten Bangka Barat. Abu Zayyad lahir di Muntok tanggal 12 Juni 2003, merupakan pelajar di kelas XI jurusan Agama MAN 1 Bangka Barat. Adapun pengalaman Abu Zayyad di MTQ dan STQ tingkat nasional antara lain Abu Zayyad pernah menjadi peserta tartil MTQ Nasional 2014 di provinsi Kepri, lalu menjadi peserta tilawah anak-anak STQ Nasional 2017 di provinsi Kaltara, ia juga menjadi peserta tilawah TQA FASI X NASIONAL 2017 di provinsi Kalsel serta berhasil meraih juara 2 Tilawah remaja MTQ Provinsi Babel tahun 2018. Selain itu masih banyak lagi pencapaian prestasi di tingkat kabupaten dan provinsi baik dalam prestasi keagamaan maupun prestasi dibidang seni di tahun 2019 dan 2020 ini.

Saat dihubungi oleh tim Humas, Abu Zayyad mengatakan bahwa dirinya pertama kali mengetahui akan menjadi salah satu peserta program televisi di Indosiar dari ustadz Nurdin lalu Abu dihubungi oleh pihak LPTQ Provinsi. Abu Zayyad mengaku siap dan berusaha sebaik mungkin untuk mengharumkan provinsi kepulauan Bangka Belitung.

"Saya mengharapkan doa dan dukungan dari orang tua, keluarga, guru dan teman-teman semuanya. Semoga nanti diberikan kelancaran tampil oleh Allah, Aamiin. Mudah-mudahan saya bisa menampilkan yang terbaik untuk Bangka Belitung", ujarnya.

Acara Indonesia Mengaji program Ramadhan dirumah saja Indosiar akan ditayangkan setiap hari di bulan Ramadhan mulai pukul 21.00 - 22.30 WIB. Setiap harinya ada 4 peserta yang tampil dari 4 provinsi dan akan dinilai yang terbaik. Lalu setelah seluruh peserta dari 34 provinsi tampil, penampilan terbaik tiap harinya akan dilombakan lagi sampai mendapatkan Qori dan Qoriah terbaik. Abu Zayyad insyaallah akan tampil pada hari Rabu tanggal 13 Mei 2020 mendatang. 

Kepala MAN 1 Bangka Barat, Sugio,S.Pd.I mewakili seluruh warga MAN 1 Bangka Barat merasa bangga atas terpilihnya Abu Zayyad.

"Syukur Alhamdulillah karena ada diantara siswa MAN 1 Bangka Barat bisa mewakili Bangka Belitung mengikuti program mengaji dirumah saja live di Indosiar. Semoga ananda Abu Zayyad nantinya bisa tampil maksimal dan bisa masuk ke putaran pertama maupun berikutnya", harap Sugio.

"Tentunya selain itu, ini bisa menjadi sarana untuk dakwah melalui mengaji kalam Allah. Dan harapan saya nantinya, semoga nanti di MAN 1 Bangka Barat ada siswa lain yang bisa mengikuti lomba atau event yang diselenggarakan tingkat nasional atau di telivisi nasional", ujar pak Gio.

MAN 1 Bangka Barat serta Kemenag kabupaten Bangka Barat akan tetap mendukung Abu Zayyad dalam program Indonesia Mengaji di Indosiar. (DV/rma) 

Berita Terbaru