Pembuatan Soal Untuk Ujian Madin Tahun Pelajaran 2019/2020


Keterangan Foto : Tim Pembuat Soal Ujian Madin Basel Berfoto Bersama dengan Kasi PAKIS Amran, S.Ag.

Bkgi-Bangka Selatan---Bertempat di ruang pertemuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan, tim dari Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Kabupaten Bangka Selatan bekerja sama dengan pihak Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan kegiatan penyusunan soal untuk ujian santri Madrasah Diniyah tahun pelajaran 2019/2020 pada Selasa (10/3/2020).

Menurut Ketua FKDT Bangka Selatan Ust. Fadilah, S.Pd.I. tim pembuatan soal kali ini didatangkan dari perwakilan madin-madin yang ada di Bangka Selatan, sebanyak satu orang per madinnya.

selanjutnya beliau mengatakan bahwa sesuai dengan keputusan dari Bidang PAKIS Kanwil kemenag provinsi Babel bahwa untuk pembuatan soal tahun ini dibagi per kabupaten/kota dimana masing-masing kabupaten/kota membuat soal untuk 1 mata pelajaran dan Kabupaten Bangka Selatan mendapat jatah membuat soal untuk mata pelajaran Fiqih.

"soal-soal yang akan disusun harus berdasarkan kisi-kisi yang telah diedarkan oleh pihak Bidang PAKIS, dan jumlah soal yang harus disusun adalah sebanyak 45 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal essay", Ujar Ust. Fadillah, S.Pd.I.

Sedangkan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan Amran, S.Ag bahwa sesuai dengan pesan dari Kabid PAKIS Drs. H. Paidi bahwa untuk tahun ini diharapkan soal yang disusun harus memenuhi unsur HOTS atau Higher Order Thingking Skills yang artinya soal-soal yang diberikan kepada siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk para siswa tersebut.

saat mendengar penjelasan dari Kasi PAKIS tentang hal tersebut Ketua FKDT Bangka Selatan mengatakan bahwa tidak semua soal dapat dibuatkan sesuai standar HOTS. "Kalau melihat dari indikator-indikator soal yang telah disusun dan telah dibagikan kepada kita untuk dipedomani sebagai bahan pembuatan soal, ada yang sesuai standar HOTS dan ada juga yang tidak, sehingga soal yang akan tersusun nanti pasti ada yang sesuai standar HOTS dan ada yang tidak", Tukas Kepala FKDT Basel Ustadz Fadillah, S.Pd.I. (CeeS83/vie)

Berita Terbaru