Kemenab Babar Adakan Sosialisasi Peraturan Bidang Kepenghuluan


Keterangan Foto : Kankemenag dan Kasi Bimas Islam menyampaiakan Materi Sosialisasi bidang kepenghuluan

bkgi-Muntok, Bangka Barat---Kantor kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat melalui seksi bimbingan Masyarakat Islam menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Bidang Kepenghuluan bagi Kepala KUA, penghulu dan staf se-Kabupaten Bangka Barat pada hari Kamis, 13 Juni 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meng upgrade pengengetahuan para penghulu dan staf KUA dalam regulasi bidang kepenghuluan.

Kegiatan yang digelar di Aual Kantor Kemenag Babar tersebut menghadirkan Kepala Kantor Kemenag Bangka Barat , H. Syarifudin, S.Ag., M.Pd.I. sebagai narasumber bersama Kasi Bimas Islam, Juandi, M.S.I.  Kegiatan tersebut berlangsung selama sehari.

H. Syarifudin dalam penyampainannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini  sangat penting  dilaksanakan mengingat regulasi tentang kepenghuluan berjalan sangat dinamis sehingga para penghulu dan staf KUA harus selalu mengupdate regulasi tersebut sebagai landasan dalam melaksanakan tugas. Disamping itu, implementasi regulasi yang baru perlu dilaksanakan sebaik mungkin agar pelayanan KUA meningkat.

“Kegiatan sosialisasi peraturan bidang kepenghuluan ini juga kita manfaatkan untuk menyamakan pandangan dalam mengatasi masalah-masalah kepenghuluan, sehingga tidak ada perbedaan cara penyelesaian satu kasus dengan regulasi yang sama,” pungkas H. Syarifudin. 

Sementara Juandi dalam paparannya menekankan kepada kepada para penghulu dan staf KUA untuk betul betul memahami regulasi pencatatan nkah dan rujuk, terutama yang tertuang dalam Peratyran Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018. Kegiatan Sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dimana penghulu menyampaiakan bebrbagai problematika dalam menangani kasus-kasus pernikahan, tertama berkaitan dengan administasi kependudukan. (JND/SN)

Berita Terbaru