Optimalisasi Peran Penyusun Berita pada Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang


Keterangan Foto : Gema Virgana, S.H., Penyusun berita pada Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang

bkgi-Pangkalpinang---Berita dan informasi merupakan salah satu elemen penting dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan terbuka sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Disamping itu juga, berita dan informasi juga dapat menjadi salah satu media yang dapat mendukung kemajuan suatu organisasi, khususnya organisasi pemerintah, karena lewat berita dan informasi lah semua hal yang berkaitan dengan organisasi pemerintah tersebut dapat diakses dan diketahui oleh publik, mulai dari peningkatan kualitas kinerja, perbaikan pelayanan hingga prestasi yang telah diraih, sehingga diharapkan dapat membangun opini dan memperkuat citra organisasi pemerintah tersebut.

Oleh karena itu peran penyusun berita dalam suatu organisasi pemerintah perlu dioptimalkan agar hal tersebut dapat tercapai.

Di Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, peran penyusun berita dewasa ini telah berjalan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan telah diraihnya Piagam Penghargaan sebagai Kontributor Berita terbanyak pada Website Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2018 yang lalu.

Optimalisasi peran penyusun berita tersebut tentunya tidak terlepas dari dukungan dan support dari Kepala Kantor, Kasubbag Tata Usaha selaku Ketua PPID dan seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.

Selain itu ada beberapa faktor lain yang membuat hal tersebut dapat dicapai, antara lain; keaktifan dari penyusun berita itu sendiri, semakin terbangunnya kesadaran di seluruh lini tentang arti pentingnya berita, serta terjalinnya komunikasi yang baik antar seluruh satker dalam hal pendistribusian informasi yang nantinya akan diolah menjadi suatu berita.

Gema Virgana, S.H. selaku penyusun berita mengungkapkan bahwa, pada triwulan pertama tahun 2019 ini saja, jumlah berita dari Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang yang telah ditampilkan di Website Kanwil Kemenag provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mencapai 150 berita. Mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya yang sampai pada akhir tahun hanya mencapai 147 berita.

Ditambahkannya, selain ditampilkan pada web, pihaknya juga aktif mengirimkan berita dan menampilkannya pada media sosial, serta aktif menjalin komunikasi dengan wartawan media local nasional, baik online maupun cetak, sehingga segala hal terkait Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang dapat diakses oleh masyarakat luas dari semua kalangan.

Ia pun berharap agar kelancaran distribusi informasi dan berita ini dapat berjalan terus secara konsisten, sehingga diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat citra Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang di mata masyarakat. (gaga/01/SN)

Berita Terbaru