Pembukaan KSM Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2019


Keterangan Foto : Suasana pembukaan KSM Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2019

bkgi-Pangkalpinang---Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Madrasah membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2019 di MTsN 1 Pangkalpinang, Sabtu (20/07/2019).

Kegiatan dibuka oleh Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Pangkalpinang, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M. didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Ultra Tistawati, S.Ag., Pengawas Madrasah, Pengawas PAI, serta Kepala madrasah se-Kota Pangkalpinang.

Dihadapan 65 peserta dan 11 pendampingnya, Eyde mengatakan bahwa KSM merupakan salah satu ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang diperuntukkan bagi siswa madrasah mulai tingkat MI, MTs dan MA sebagai wahana mengembangkan bakat minat siswa dalam bidang sains.

Selain itu juga, KSM ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah.

“Kita di madrasah tidak kalah saing dengan sekolah umum dalam hal ilmu sains . Oleh karena itu melalui kegiatan ini kita tunjukkan bahwa madrasahpun bisa menorehkan prestasi di bidang sains”, tutur Eyde.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa soal-soal Kompetisi Sains Madrasah malah lebih sukar dari soal sains sekolah umum.

“Soal KSM dibuat berintegrasi dengan ilmu agama, jadi peserta selain dituntut menguasai ilmu sains (eksak) juga harus menguasai ilmu Fiqih, Hadist, Akidah Akhlak, Qur’an Hadist dalam pengerjaan soal tertulis ini," katanya.

Dalam kesempatan terakhir, tak lupa juga Ia memberikan motivasi kepada peserta agar tetap semangat dan tidak berkecil hati jika nanti tidak terpilih sebagai juara. Dan bagi juara diharapkan mempersiapkan diri untuk mengikuti KSM Tingkat Propinsi yang dijadwalkan pada tanggal 15 Agustus 2019. (da/gaga/01/SN)

Berita Terbaru

>