Kemenag Kota Pangkalpinang Buka Pendaftaran Munaqosah Santri TPA/TPQ Tahun 2019


Keterangan Foto : H. Iwan Setiawan, S.IP, M.H. Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang

bkgi-Pangkalpinang---Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren telah membuka pendaftaran Munaqosah untuk Santri TPA/TPQ di wilayah Kota Pangkalpinang sejak bulan Agustus 2018 yang lalu dan akan ditutup pada tanggal 31 Januari 2019. Pelaksanaan munaqosah itu sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Februari 2019.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Iwan Setiawan, S.I.P., M.H. selaku Ketua Panitia Pelaksana ketika ditemui di ruang kerjanya pada Senin, 28 Januari 2019 menjelaskan bahwa Munaqosah santri ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pemberantasan buta aksara AL Qur’an khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang.

“Hingga hari ini jumlah santri yang mendaftar untuk mengikuti munaqosah sekitar 900 orang dan kami harapkan jumlah ini dapat terus bertambah melebihi jumlah tahun sebelumnya yang mencapai 850 orang santri”, tutur Iwan.

“Khusus tahun ini Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren juga telah menyiapkan buku panduan yang dapat digunakan oleh para santri dalam pelaksanaan munaqosah nanti” Imbuhnya.

“Walaupun materi yang diujikan sama dengan tahun kemarin, akan tetapi metode penilaiannya berbeda, untuk tahun ini lebih ditekankan pada kemampuan santri tanpa harus dibebani jumlah hapalan” Lanjutnya.

Persyaratan untuk pendaftaran Munaqosah tersebut antara lain adalah :

  • Akta Kelahiran Santri dan
  • Pas Photo 3x4 sebanyak tiga lembar.

Adapun untuk materi yang diuji dalam pelaksanaan munaqosah tersebut antara lain meliputi :

  • Tartil Qur`an, Praktek Sholat,
  • Membaca ayat-ayat pilihan,
  • Surat pendek dan
  • Do’a sehari-hari.

Lebih lanjut Iwan juga menginformasikan kepada masyarakat yang ingin mendaftar dan mendapatkan informasi seputar pelaksanaan munaqosah agar dapat menghubungi Ustadz Palgunadi Contact Person : 082280775359/081377990457 dan Ustadz Indra Contact Person : 085268774678. (gaga/01/SN)

Berita Terbaru

>