Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi Tim Jurnalis


Keterangan Foto : Kepala Sekolah MAN 1 Pangkalpinang mengalungkan tanda peserta kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan photografi

Bkgi. Pangkalpinang (19/10) Jurnalistik " Ar Rasyid" merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan ekstakurikuler di MAN 1 Pangkalpinang. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum'at  tanggal 18 dan 19 oktober 2018, tim ini melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik dan photografi bekerja sama dengan Bangka Pos dengan mengutus 50 siswa/i sebagai peserta dan menunjuk beberapa nara sumber yang kompeten baik dari MAN 1 maupaun dari Bangka Pos. Diantara pemateri tersebut adalah:

  1. Dwi Saprida Ramami, S. Pd.            menyampaikan Tentang Urgensi majalah Ar Rasyid bagi civitas MAN 1 Pangkalpinang
  2. Usman Gumanti, S. Pd., menyampaikan materi Teknik penulisan karya sastra.
  3. Sandra, S. Kom. Materi tentang Teknik penulisan berita online
  4. M. Rusydi, S. Ag. materi ESQ
  5. Suparida, S. Pd. materi Teknik penulisan artikel, esai dan opini
  6. Dodi Hendarto, materi Etika jurnalistik
  7. Aditiya, materi Teknik penulisan berita dan teknik wawancara

Ibu Mawaddah El Khamidah, S. Pd., pembina jurnalistik Ar Rasyid sekaligus ketua panitia kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik, dalam sambutannya mengatakan bahwa, "ekstrakuler jurnalistik Ar Rasyid MAN 1 Pangkalpinang dan kegiatan pelatihan jurnalistik adalah suatu wadah yang memberikan ilmu pengetahuan di bidang kewartawanan dari nara sumber yang kompeten kepada para anggota/ peserta Ar Rasyid/ pelatihan, sehingga dapat menyalurkan bakat, hobi dan memiliki ketrampilan dalam bidang jurnalistik".

Tri Edy Kesumo Raharjo, M. Pd., kepala MAN 1 Pangkalpinang pada saat membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan tersebut menyampaikan bahwa untuk jadi seorang penyampai berita harus "truth and accuracy, independence, fairness and imfartiality, humanity, and accountability" (benar dan akurat, tidak memihak, jujur, manusiawi dan dapat dipertanggungjawabkan)

Dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik ini juga dilakukan Orientasi lapangan ke Musium Timah di Pangkalpinang.(TAN)

Berita Terbaru

BERITA UTAMA

Berita Populer

Kamis , 22 Februari 2018 | 05:58:45

Auditor-Kemenag-RI-Pantau-Hasil-Pembangunan-Balai-Nikah-dan-Manasik-Ha

Kamis , 25 Januari 2018 | 15:11:12

GEBRAKAN-MALIK-PASCA-DILANTIK

Sabtu , 21 April 2018 | 12:35:37

Luar-Biasa-Madrasahku-Nomor-Satu-Guru-Guruku-Pahlawanku-Teman-Temanku-

Rabu , 28 Februari 2018 | 12:53:06

MTQ-Kec-Muntok-ke-9-di-Masjid-Al-Murtadha

Kamis , 19 April 2018 | 14:00:18

GEMA-SYIAR-NASYID-QOLBUN-AKHWAT-MAN-1-PANGKALPINANG-NOMOR-SATU-DI-PALE

Senin , 26 Maret 2018 | 11:53:49

Restu-Kakanwil-Kemenag-Provinsi-Kepulauan-Bangka-Belitung-Kepada-Peser

>