Musyawarah Kepala Madrasah diharapkan memberikan inovasi untuk Kemajuan Madrasah

bkgi-Pangkalpinang, Jum'at (12/10) Dalam rangka mendorong madrasah untuk berkembang menjadi madrasah hebat dan bermartabat maka guru madrasah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk wadah sebagai tempat untuk bersilaturahim, koordinasi dan menambah wawasan dengan membentuk Pengurus Guru Madrasah Indonesia.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang Try Edy Raharjo, M.Pd sebagai tuan rumah penyelengaraan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini selain sebagi ajang silaturahim tentunya juga dalam rangka pembentukan kelompok kerja madrasah dan untuk melakukan koordinasi kelompok guru madrasah Indonesia. Kegiatan ini juga dalam rangka memenuhi kebutuhan atau mendorong kinerja guru melalui pembentukan kelompok kerja madrasah dari berbagai jenjang MKM MI, MKM Tsanawiyah dan Aliyah.

Kegiatan ini bertempat di Aula MAN 1 Pangkalpinang dengan diikuti oleh seluruh kepala sekolah baik swasta maupun negeri. Dalam arahannya Kakanwil menyampaikan bahwa acara musyawarah Kepala Madrasah se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sangat penting, dalam mengelola lembaga atau madrasah harus selalu dilakukan reviu atau evaluasi dari waktu ke waktu baik itu program, target, dan sasaran. Pasti ada yang tidak tercapai dari apa yang telah kita programkan, ini berarti harus dilakukan evaluasi secara rutin di internalnya masing-masing.

Berhasil tidaknya lembaga yang kita pimpin sangat tergantung pada peran masing-masing kepala madrasah, 80% keberhasilan lembaga sangat ditentukan oleh pimpinannya, ini yang harus digaris bawahi, untuk itu seorang  kepala madrasah harus bisa melakukan perbaikan dalam mengelola madrasah agar dapat menjadi lebih baik. Melalui MKKM inilah kita harapkan dapat menjadi wadah atau sebagai tempat untuk saling melakukan evaluasi, tukar pikiran, berdiskusi dan sharring untuk melakukan perbaikan.

Kedepan harus ada program unggulan yang sudah kita petakan secara skala prioritas, terukur dan dapat kita laksanakan dengan baik, selain itu juga untuk mendorong madrasah dan kepala madrasah agar saling berlomba dalam memperbaiki kinerjanya sehingga kedepan madrasah semakin baik dan berkualitas. Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan bahwa dalam pertemuan ini harus ada follow up yang merupakan hasil dari evaluasi yang telah kita lakukan, sehingga kedepan kita memiliki mindset dalam memperbaiki pola pikir kita sehingga lebih dinamis dan meraih prestasi. (TAN/Vie)

Berita Terbaru

>