WAKAF PRODUKTIF MEMBANGUN EKONOMI UMAT


Keterangan Foto : Kegiatan Sosialisasi wakaf produktif di Red Dot Hotel Pangkalpinang, Sabtu, 22 September 2018

Bkgi.Pangkalpinang (22/09) Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan Sosialisasi dengan tema “Wakaf produktif Membangun Ekonomi Umat” di Hotel Puncak Pangkalpinang pada Sabtu, 22 September 2018.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag, Dr. H. M.Ridwan, M.M. didampingi Kepala Bagian Tata Usaha, H. Rebuan, M.Pd.I dan Ketua BWI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Abd. Ghofar Mahfuz, M.Hum. serta diikuti oleh 56 orang peserta yang merupakan para Tokoh Agama, Nadzir wakaf dan Pengurus Masjid perwakilan dari 7 Kabupaten/Kota yang berada di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kakanwil dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan ke-3 yang diselenggarakan oleh BWI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga beliau berharap setelah kegiatan ini ada progress yang dicapai dalam pengembangan perwakafan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lebih lanjut Kakanwil memaparkan, tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi kali ini adalah antara lain;

  1. Diharapkan dapat terbentuknya Badan Wakaf Indonesia Perwakilan di setiap Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  2. Terbentuknya Asosiasi Nadzir Wakaf.
  3. Dapat menghasilkan kiat-kiat untuk mengembangkan wakaf produktif di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Salah satu fungsi Kementerian Agama di bidang agama adalah meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan umat beragama terhadap ajaran agamanya, dan masalah perwakafan ini termasuk salah satu didalamnya. Oleh karena itu, Kanwil Kemenag dan pengurus BWI intens melakukan diskusi terkait pemberdayaan wakaf ini, mulai dari konsep, struktur, program dan implementasinya di masyarakat”, Papar Ridwan.

Pada akhirnya beliau berharap agar perwakafan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat berkembang dengan baik dan mendatangkan maslahat bagi umat. (gaga/01/TAN)

Berita Terbaru

>