Hilal Awal Syawal 1439 H


Keterangan Foto : Kakanwil beserta tamu undangan mengikuti Rukyatul hilal

Bkgi, Penagan - Kamis(14/06) melalui Rukyatul Hilal awal Syawal 1439 H kita tingkatkan solidaritas sosial umat beragama di Provinsi Kep. Bangka Belitung merupakan tema yang diusung pada Rukyatul hilal yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan Kab. Bangka. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Hisab Rukyat Kanwil Kementerian Agama Prov. Kep. Bangka Belitung bekerja sama dengan BMKG dan Pengadilan Tinggi Agama. Organisasi keagamaan MUI, NU, Muhammadiyah, Organisasi masyarakat, dan mahasiswa serta masyarakat desa setempat turut hadir menyaksikannya.

Kakanwil Kementerian Agama Prov. Kep. Bangka Belitung Dr. H. Muhammad Ridwan, MM dalam sambutannya bahwa kegiatan Rukyatul hilal ini dilaksanakan pada 97 titik se-Indonesia untuk penentuan 1 Syawal. Sesuai dengan data yang kita peroleh dari hasil hisab bahwa tinggi hilal hakiki sudah mencapai +08 derajat, artinya hilal sudah bisa terlihat karena melebihi dari +02 derajat ujar Kakanwil. Kakanwil dan jajaran juga mengucapkan terima kasih kepada semua tokoh agama, mahasiswa, masyarakat desa yang telah hadir mengikuti kegiatan ini.

Dari hasil pemantauan tim hilal yang dipandu oleh Mirdhan Hafiludin, M.H. menyampaikan bahwa untuk pemantauan dari pantai Tanjung Raya, Penagan tidak terlihat karena tertutup awan meskipun secara perhitungan secara hisab sudah dapat dilihat karena tinggi hilal hakiki melebihi +02 derajat.

Hasil dari pemantauan yang dilakukan ini akan dilaporkan ke Kementerian Agama pusat untuk menjadi bahan dalam sidang istbat yang dilaksanakan sore ini untuk menentukan 1 Syawal.(AI)

Berita Terbaru

>