GEMA SYI’AR NASYID ‘QOLBUN AKHWAT MAN 1 PANGKALPINANG NOMOR SATU DI PALEMBANG, SUMATERA SELATAN


Keterangan Foto : Personil Munsyid dari kiri: •Syifa.S (beatbox-X MIA.1)•Fatimah (Lead Vocal-XIIS.3)•Margiana (Alto-XI MIA3)•Anisa.R (Mezzo-XMIA2) •Mardiyah(tenor-XI IA

bkgi, Pangkalpinang - Qolbun Akhwat adalah  nama dari kelompok nasyid putri, Siswi MAN 1 Pangkalpinang yang bernaung dalam kegiatan ekstrakurikuler seni Islami (Nasyid) MAN 1 Pangkalpinang. Kegiatan Ekskul Nasyid ini tidak sekedar menyalurkan kemampuan minat dan talenta siswa namun utamanya adalah berda’wah melalui nada, Amar ma’ruf nahi munkar karena di dalam lirik syair yang dilantunkan sarat dengan nasehat  kebajikan sesuai dengan tuntunan Alqur’an dan Assunah. Thausyiah melalui nada ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai karakter islami bagi anggota nasyid itu sendiri dan seluruh warga belajar di MAN 1 Pangkalpinang serta masyarakat pada umumnya.

Sehubungan dengan tujuan diatas maka Grup Nasyid Qolbun Akhwat ini menjalankan misi Ukhuwahnya dengan mengikuti kompetisi Nasyid  bertajuk “Road to Konser Kemanusiaan untuk Palestina”. Event ini dilaksanakan oleh KNRP (Komite Nasional Rakyat Palestina) bekerjasama dengan RMI SumSel (Rumah Munsyid Indonesia) ANN Sumsel(Asosiasiasi Nasyid Nusantara).

Kegiatan ini diawali dengan audisi Nasyid se Sumsel (Umum) yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2018 di Hotel Swarna Dwipa di Jl. Tasik N0.2 Ilir Barat, Palembang, dari 16 Peserta Nasyid yang hadir mengikuti Audisi tersebut, Alhamdulillah  Grup Nasyid Qolbun Akwat MAN 1 Pangkalpinang menjadi penampil terbaik (Juara 1). Sementara juara II SMA Muhammadiyah 5 (putri) dan juara III SMA Muhammadiyah 5 (Putra).

Sebagai bentuk apreasi dari panitia maka ketiga performa Kelompok nasyid terbaik tersebut diikutkan dalam konser kemanusiaan untuk palestina bersama-sama tampil dengan kelompok nasyid Nasional di PSCC (Palembang Sport and Convention Center)  Jl. POM IX N0.1 Palembang pada tanggal 24 Maret 2018.

Manfaat dari pengalaman selama disana bagi anggota nasyid Qolbun Akhwat MAN 1 Pangkalpinang tidak sekedar syi’ar dan berkompetisi (Fastabiqul) namun lebih dari itu dapat meningkatkan ukhuwah dan peduli kemanusiaan  terhadap saudara-saudara kita seiman di Palestina.

Kiprah Grup Nasyid Qolbun Akhwat MAN 1 Pangkalpinang  tidak berhenti sampai disini, sebagai barometer dan uji kompetensi dari apa yang telah didapatkan selama latihan, Alhamdulillah baru baru ini Qolbun Akhwat   MAN 1 pangkalpinang menjadi 10 Finalis nasyid se Asean berdasarkan seleksi hasil Audisi Video nasyid yang diselenggarakan oleh Jabatan Sukan dan Pelancongan, Pattani, Thailand. Yang bertajuk; “DA’I VOICE THAILAND SEASON 3 “ Inshaa Allah Qolbun Akhwat Akan berangkat ke Thailand untuk mengikuti babak final ini mewakili Indonesia. Mohon do’a dan dukungannya.#Barokallah

Atas usaha keras dan latihan yang ulet, Kepalala madrasah MAN 1 Pangkalpinang Tri Edy Kesumo Raharjo, M.Pd. mengucapakan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini, khususnya kepada  Bustomi, S.Pd selaku pembina Nasyid Qolbun Akhwat MAN 1 Pangkalpinang dan anak-anak yang luar biasa dan telah mengharumkan nama baik MAN 1 Pangkalpinang, kementerian agama dan provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semoga barokah. Amin.

Berita Terbaru

>