Belajar Nilai Kebersamaan

bkgi-Sungailiat, Bangka, Selasa (17/04) Dalam pendidikan karakter, pembelajaran yang berkesan dan berguna adalah pembelajaran dengan contoh yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan Madrasah maupun lingkungan rumah. Seperti kata pribahasa "Karang yang keras sekalipun akan hancur jika terus menerus ditetesi air", belum lagi peserta didik dimanapun berada, seberapapun sulitnya pasti akan bisa berubah menjadi lebih baik jika terus menerus dilatih, mencoba dan melakukan.
 
Pembelajaran karakter yang diharapkan mampu menjadikan peserta didik mumpuni dalam menghadapi tantangan zaman, sehingga tantangan yang besar membutuhkan persiapan yang sungguh-sungguh dan tidak kenal lelah (kontinyu).
 
Sudah menjadi hal yang lumrah ketika kelas-kelas dipakai untuk momen rapat besar ataupun ujian, peserta didik yang kelasnya dipakai terpaksa harus mengungsi ke tempat-tempat umum semisal musholla dan perpustakaan, mereka melakukannya dengan senang hati dan menjadikan ini sebagai momen pembelajaran sikap kebersamaan.
 
Begitupun pekan ini, selama tiga hari, tanggal 16 s.d 18 April 2018 peserta didik kelas enam melaksanakan TO (Try Out) ke tiga dengan begitu ada satu kelas yang harus mengungsi ke ruang perpustakaan MIN 1 Bangka.
 
Hal ini tidak mengurangi semangat peserta didik untuk belajar seperti biasanya meskipun fasilitas kelas seperti papan tulis, kursi  tidak ada. Inilah salah satu karakter yang dibangun dalam pendidikan  yaitu nilai kebersamaan. (Umi/SN)

Berita Terbaru

>