Supervisi PNBP NR: layanan nikah dan administrasi KUA harus lebih baik


Keterangan Foto : Pelasanaan supervisi KUA

bkgi-Muntok, Bangka Barat, Selasa (17/04) Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Bangka Barat telah selesai melaksanakan supervisi pengelolaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) biaya Nikah Rujuk, pengelolaan administrasi dan layanan nikah. Kegiatan ini sudah dimulai pada tanggal 9 April hingga 17 April 2018.

Supervisi ini adalah bentuk pengawasan dan pembinaan kepada Kantor Urusan Agama dalam pelaksanaan dan pelayanan nikah baik di balai nikah maupun di luar balai nikah. Dalam hal ini Kasi Bimas Islam, Juandi, menyampaikan bahwa pada planning yang sudah disusun sejak awal tahun, supervisi KUA akan dilaksanakan sebanyak empat kali (4 triwulan). Triwulan satu dilkasanakan pada awal April, triwulan dua dilaksanakan awal bulan Juli, triwulan tiga pada awal bulan Oktober dan triwulan empat dilaksanan akhir bulan Desember.

Bangka Barat sendiri terdapat enam Kantor Urusan Agama yang menjadi objek pengawasan, yaitu KUA Kecamatan Muntok, KUA Kecamatan Simpang Teritip, KUA Kecamatan Kelapa, KUA Kecamatan Tempilang, KUA Kecamatan Jebus dan KUA Kecamatan Parittiga. Supervisi yang dilakukan mencakup biaya nikah di luar kantor apakah sudah sesuai aturan, jumlah buku nikah yang sudah digunakan dan yang masih tersisa apakah sesuai antara laporan dan bukti fisiknya termasuk juga duplikat nikah, kelengkapan administrasi nikah N1 sampai N9 termasuk dokumen pendukung lainnya, buku-buku pendukung semisal buku stok khusus, buku ekspedisi, buku kendali, dan lain-lain apakah sudah disiapkan dan dijalankan dengan benar, layanan pengaduan masyarakat apakah diberikan ruang, dan berbagai problem yang dihadapi kepala KUA dalam pelayanan nikah.

Tim supervisi akan membuat berita acara pemeriksaan termasuk apabila ada temuan-temuan di lapangan. Tim supervisi Kemenag Bangka Barat berjumlah empat orang yang terbagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. (JND/SN)<!--Clip_XXXX_180417_093553_979-->

Berita Terbaru

>