Nurmala Imbau Calon Jemaah Haji Kota Pangkalpinang Segera Lakukan Pelunasan BPIH


Keterangan Foto : Hj.Nurmala,S.Ag saat menjadi pembina apel pagi di halaman Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang

bkgi-Pangkalpinang, Senin (16/04) Para Calon Jemaah Haji Kota Pangkalpinang kini sudah dapat bernafas lega, pasalnya kepastian Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang sebelumnya sempat tertunda, kini sudah ada kejelasan setelah terbitnya Surat Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Penetapan BPIH Tahun 1439H/2018M, Keputusan Menteri Agama Nomor 220 Tahun 2018 tentang Pembayaran BPIH regular Tahun 1439H/2018M dan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 148 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran BPIH regular Tahun 1439H/2018M.

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa para calon Jemaah haji sudah bisa melakukan pelunasan Tahap I mulai hari ini tanggal 16 April hingga 04 Mei 2018 pukul 08.00-15.00 WIB dengan besaran biaya pelunasan Rp. 33.529.675,- untuk Embarkasi Palembang yang di dalamnya termasuk calon Jemaah haji dari Kota Pangkalpinang.

Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Hj. Nurmala, S.Ag. mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberitahukan info tentang pelunasan tersebut kepada para calon Jemaah haji Kota Pangkalpinang sejak terbitnya peraturan tersebut dan beliau juga mengimbau agar para Jemaah haji dapat segera melakukan pelunasan ke BPS BPIH tempat setoran awal atau BPS BPIH pengganti sebelum batas waktu yang ditentukan serta langsung melapor ke Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh setelah melakukan pelunasan.

“Untuk Kota Pangkalpinang ada sebanyak 207 calon Jemaah haji yang masuk dalam daftar alokasi kuota Provinsi dan sudah memenuhi syarat istitho’ah sesuai Surat Edaran Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Nomor 4001 Tahun 2018, sehingga sudah memenuhi syarat untuk melakukan pelunasan” Tutur Nurmala.

Nurmala juga menjelaskan, untuk melakukan pelunasan para calon Jemaah haji harus membawa bukti setoran awal, fotokopi KTP, materai enam ribu, dan foto haji ukuran 3x4 sebanyak lima lembar. Beliau juga menginfokan bahwa pada saat pelunasan Jemaah akan mendapatkan souvenir berupa Kain ihram (untuk calon Jemaah haji pria), mukena (untuk calon Jemaah haji wanita) dan bahan batik dari BPS BPIH sesuai dengan perjanjian kerjasama antara Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dengan BPS BPIH. (gaga/01/SN)

Berita Terbaru

>