Yuk Tanam Seledri

bkgi, Sungailiat - Madrasah hijau madrasah ramah lingkungan. Dalam rangka memanfaatkan pekarangan dan menuju adiwiyata peserta didik MIN 1 Bangka mengikuti sosialisasi "Pemanfaatan Pekarangan Budidaya Seledri" yang diselenggarakan oleh dinas Pangan kabupaten Bangka pada Kamis,12/04 pukul 08.00 s.d 10.00 wib.

Peserta didik yang diutus pada sosialisasi ini berjumlah sebelas orang perwakilan dari kelas 4 dan 5, yang dipilih adalah anak-anak yang aktif dan diharapkan mampu mensosialisasikan lagi kepada teman-teman di lingkungan madrasah ataupun di lingkungan rumah mereka. Sebagai pendamping dan koordinator peserta dari MIN 1 Bangka yaitu bapak Pajri,S.Pd.SD dan bapak Egi.

Pada kesempatan ini acara dipandu oleh bapak Tri Bakti Bawono,S.IP dari dinas pangan kabupaten Bangka. Beliau memaparkan tentang mengapa seledri yang menjadi tanaman pilihan untuk dibudidayakan. Dari manfaat, media tanam dan cara membuatnya, pemilihan benih dan cara pembenihan yang baik, cara memanen hingga cara proteksi/penanggulangan hama terhadap seledri. Para peserta didik mendapatkan motivasi dan pembelajaran berharga dalam memanfaatkan pekarangan dengan bercocoktanam terutama tanaman seledri.

Pada kesempatan ini pula anak-anak MIN 1 Bangka diajak untuk mencoba dan mempraktekkan langsung di kebun pembibitan milik dinas pangan kabupaten bangka, sekaligus melihat pembudidayaan beberapa tanaman yang telah dilakukan.

Sebagai oleh-oleh, dinas pangan memberikan beberapa polibag seledri dan benih kepada pihak madrasah. Peserta didik merasa bersyukur dan bahagia telah diberi ilmu dan pengalaman berharga hari ini. (usr/AI)

Berita Terbaru

>