Mari Tingkatkan Mutu Profesionalisme Kerja ASN Guru Kemenag

bkgi – Pangkalpinang, Senin (12/02) Kegiatan Bimtek ini diselenggarakan oleh Subbag Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan tema " Melalui Bimtek Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Mari Tingkatkan Mutu Profesionalisme Kerja ASN Guru Kementerian Agama". Bimtek di buka oleh Kakanwil Bapak Dr. H. Muhammad Ridwan, M.M.

Acara Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan bagi guru terkait sebagai penghargaan kepada guru dan untuk memberikan persepsi yang sama dalam memberikan penilaian angka kredit dan mengetahui teknis penilaian angka kredit.

Pemerintah sudah banyak sekali memberikan kemudahan bagi bapak ibu guru dewasa ini antara lain dengan pembayaran tukin yang akan diberikan kepada guru yang belum bersertifikasi dan yang sudah sertifikasi dibayarkan selisih dari sertifikasi yang diterima dengan besarnya tukin.

Banyak bapak ibu guru yang seringkali lalai dalam menambahkan kesempatan untuk menambah angka kredit antara lain dengan menulis, baik karya tulis maupun karya ilmiah yang bisa dimuat di web kanwil kemenag, jurnal, majalah dan lain lain. Harapan saya selaku Kakanwil yaitu:

  1. Dengan adanya kegiatan Bimtek ini dapat memotivasi, menambah wawasan dan ilmu baru. Alangkah bagusnya apabila bapak ibu sampai ditempat tugasnya masing-masing bisa menyampaikan kepada rekan-rekan didaerah sehingga informasi ini bisa sampai kepada rekan guru yang lain.
  2. Agar bapak ibu dalam mengumpulkan angka kredit semakin memahami dan profesional.
  3. Bapak ibu menjadi guru yang produktif, inovatif salah satunya dengan semakin giat menulis yang bisa di publish ke web kemenag sehingga besar manfaatnya.
  4. Anak-anak yang bapak ibu didik adalah tumpuan harapan orang tua dan harapan bangsa didiklah dan diberi ilmu yang berkualitas yaitu dengan menggunakan metode dan kiat-kiat mengajar dengan memakai alat peraga sehingga memudahkan dalam proses belajar mengajar.
  5. Wakil Kepala Kurikulum supaya efektifitas pembelajaran guru maka waka kurikulum harus meningkatkan perannya, harus rajin dan secara kontinyu memonitor dan mengawasi proses pembelanjaran para guru, sehingga guru yang mengajar akan termotivasi dan berusaha mengajar dengan serius dan baik dan waka kurikulum juga melihat membaca bagaimana guru melakukan pembelajaran dikelasnya sehingga bisa dilakukan evaluasi dan tentunya untuk perbaikan.
  6. Waka kesiswaan perannya banyak yang intinya memberikan bimbingan kegiatan siswa terutama ekstra kurikuler, intra kurikulum, melatih anak untuk berinteraksi dengan kebersamaan misalnya gotong royong dan kegiatan olah raga sebagai penyaluran bakat anak.
  7. Dalam suatu organisasi pimpinan harus menjadi contoh melalui pembiasaan, keteladanan sebagaimana 5 budaya kerja kementerian agama.

Pegawai yang baik adalah yang siap dikoreksi demi meningkatkan profesionalisme. Guru yang profesional harus inovatif dalam menyampaikan bahan ajarnya dengan memakai alat bahan ajarnya dengan memakai alat peraga sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan sehingga siswa mudah memahaminya. Proses pembelajaran yang berkualitas harus lengkap alat pembelajarannya," ulas Kakanwil.

Nara sumber dalam kegiatan ini dari Widyaiswara Balai Diklat Palembang dan tim penilai angka kredit kanwil kementerian agama dengan peserta perwakilan dari guru-guru dibawah naungan kementerian agama sebanyak 40 orang peserta darii kabupaten kota. (TAN/SN)

Berita Terbaru

>