KA.KANWIL SEBAGAI KHOTIB JUMAT DI MASJID AL FURQON PANGKALPINANG

Ditulis oleh : baghukum , Sabtu , 13 Januari 2018 | 10:23:35 , Telah Dibaca 16



Keterangan Foto : Dr.Muhammad Ridwan,MM sebagai khotib sholat Jumat di Masjid Al Furqon Ko.plek Perumahan Timah Bukit Baru, Pangkalpinang

Inmas Babel, jumat 12 januari 2018

Masjid Al furqon, Komplek Perumahan Timah, Bukit Baru, Pangkalpinang.

Dr. Muhammad Ridwan,MM dihadapan jama'ah sholat juma'at menyampaikan khutbah juma'at dengan tema "Narkoba dan Penyalahgunaannya".

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bahaya penyalahgunaan narkoba diantaranya menimbulkan gangguan lingkungan, terjadinya tindak kekerasan dan kriminalitas, sikap acuh tak acuh terhadap tatanan peraturan baik dalam masyarakat maupun dalam agama.

Negara kita secara geografis dengan penduduk 250 juta sangat strategis menjadi sasaran utama peredaran narkoba seperti morfin, kokain, heroin, sabu sabu, ekstasi, PCC dan jenis narkoba lainnya. Kondisi ini tidak hanya menjadikan negara kita sebagai tempat peredaran akan getapi juga sebagai penghasil narkoba. Maka dari itu Presiden Joko Widodo telah mendeklarasikan perang terhadap bandar dan jaringan narkoba yang telah mengancam dan merusak generasi muda harapan bangsa.

Data BNN jumlah pecandu narkoba tiap tahun terus meningkat, di Provinsi Kep. Bangka Belitung sendiri terdapat kurang lebih 18.000 orang pecandu narkoba dan secara nasional terdapat 5.1 juta pecandu dengan angka kematian 30 - 40 orang meninggal tiap hari karena penyalahgunaan narkoba, dan tragisnya lagi mereka adalah anak anak muda yang masih muda dan produktif.

Upaya untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba ini dapat dilakukan oleh para ulama, pendidik, penegak hukum dan masyarakat dengan prakarsa dan perhatian yang serius dari pemerintah (penguasa) negeri dengan usaha antara lain sbb: 

  1. Meningkatkan pengajaran pemahaman dan pengamalan ajaran agama secara intensif dikalangan umat terutama generasi muda.
  2. Meningkatkan pendidikan agama dan akhlakul karimah dikalangan remaja, baik disekolah, masjid maupun organisasi remaja.
  3. Usaha menjelaskan seluk beluk Narkotika dan ancaman terhadap orang yang menyalahgunakannya, termasuk jaringan pengedar dan pencandu narkoba.
  4. Usaha pencegahan penyalahgunaan narkotika dengan melaporkan kepada pihak yang berwajib bila mengetahui adanya jaringan peredaran dan penggunaan yang ilegal.
  5. Dengan lebih meningkatkan pengawasan keluarga yang sesuai dengan ajaran islam.

Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka, yang dilakukan dengan penuh kearifan dan senantiasa mengharap ridha Alloh SWT.(TAN)